Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
|
:
|
SUMIATI
|
No. Registrasi
|
:
|
1108261338
|
Alamat email
|
:
|
Sumiatisumi76@gmail.com
|
Opsi
|
:
|
Sistem Jaringan dan
Web Site
|
Tahap Perkuliahan
ke-
|
:
|
Perkuliahan ke-1
(b)
|
USBJJ
|
:
|
SMK N 1 TANJUNG
SELOR
|
Aktivitas Belajar
Mandiri
Kolom di bawah ini berisi
uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Pembukaan
kuliah perdana pada tanggal 5 Januari 2013 dilakukan oleh Dr.Ir. Aciek Ida
Wuryandari, penjelasan tentang program USBJJ serta motivasi untuk menyemangati
mahasiswa dalam menjalankan perkuliahan, tanggal 7 januari 2013 merupakan
materi dasar perkuliahan dan mengakses melalui
http://elearning.lskk.ee.itb.ac.id, registrasi via email, serta mendownload
dokumen atau materi yang diperlukan, materi yang diberikan adalah memberi SEMANGAT
SERTA MOTIVASI PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM MENGIKUTI PROGRAM D1
Kolom di bawah ini berisi
uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Perkuliahan
dilakukan pada hari sabtu tanggal 12 januari 2013, instruktur menjelaskan
tentang akses dan menu-menu yang terdapat pada elearning dan setiap
mahasiswa PROGRAM D1 dapat membukanya di blog masing –masing yang telah
disediakan dan saya sendiri belum
sepenuhnya mengetahui cara mengkasesnya. Pada tahap ini, instruktur juga
memberikan dukungan atau motivasi seperti menjelaskan cara penyelesaian
masalah tugas-tugas yang diberikan untuk mahasiswa, dan juga instruktur menyediakan
fasilitas pendukung mahasiswa dalam melakukan perkuliahan.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap
Perkuliahan ini.
• Akses internet yang lambat dan belum memadai
• kurangnya
mengetahui tentang mengakses tugas dari elearning.
Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi
rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap
Perkuliahan ini.
Sikap
dan perilaku yang mandiri, tidak selalu bergantung pada orang lain dalam hidup
keseharian, terutama dalam mencari ilmu.
Ada 3 hal penting dalam mengubah
diri menuju budaya mandiri :
1. Motivasi
2. Karakter
3. Kebersamaan
Motivasi : Motivasi
adalah proses yang menjelaskan
intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk
mencapai tujuannya
a. Saya ingin mempelajari bidang IT pada program D1, dikarenakan
saya belum pernah mempelajari IT ini lebih dalamm waktu sekolah.
b. Karena peluang kerja di bidang IT ini masih banyak Apa lagi
di daerah Kalimantan khususnya Bulungan dan sekitarnya. Dengan adanya Progam D1
ITB yang berada di tanjung selor ini memungkinkan lulusan tenaga kerja yang
kompeten dalam bidang IT.
c. saya ingin lebih mengerti
tentang program-program computer dan cara penggunaannya. Disini saya ingin
belajar bagaimana cara mengistal computer dan laptop.
d. kuputer adalah barang yang mungkin harus atau wajib dimiliki
untuk menujang cara belajar atau aktivitas lainnya agar lebih mudah.
Karakter : pada intinya bertujuan membentuk kepribadian, dimana
lingkupnya adalah : Olah Hati, Olah Pikir, Olah Rasa/Karsa. Olah Raga.
Pada materi ini mahasiswa
diberi tugas membuat kegiatan generik sebelum mengikuti kuliah, adapaun
kegiatan generik yang dimaksud adalah :
JAM
KEGIATAN
05.05 – 05.15
Bangun, Rapikan Tempat Tidur
05.15 – 05.25
Sholat
05.25 – 06.00 Nonton
acara tausiah pagi
06.00 – 06.30 menyiapkan
sarapan dan menyiapkan peralatan sekolah adik
06.30 – 07.00 Mandi
dan Sarapan
07.00 – 07.30
bersiap-siap berangkat kerja,dan Berangkat kerja
07.30 – 12.00 bekerja
12.00 – 13.00 Istirahat,
makan siang dan Sholat
13.00 – 17.10 bekerja
dan pulang
17.10 – 17.20
Sholat,
17.20 – 18.10 beres-beres
rumah, masak dan mandi
18.10 – 18.30 sholat
18.30 – 20.30 Makan
malam dan mengajar adik belajar
20.30 – 21.15 Sholat dan mengaji
21.15 – 22.00 Ngumpul
bareng keluarga dan Nonton tv
22.00 – 05.05 tidur
malam
Kegiatan generik setelah mengikuti perkuliahan adalah
Sbb:
JAM
KEGIATAN
04.45 – 05.05 Bangun,
Baca buku ,Rapikan tempat tidur
05.05 – 05.30
Sholat, dan nonton acara tausiah pagi
05.30 – 06.00 Membuat sarapan, dan beres –beres rumah
06.00 – 06.10
Mengurus segala kebutuhan adik untuk sekolah
06.10 – 07.30 mandi
,sarapan , mengantar adik sekolah dan berangkat kerja
07.30 – 12.00 bekerja
sambil belajar materi kuliah (saat waktu kosong)
12.00 – 13.00 Istirahat,
makan siang dan Sholat
13.00 – 16.30 bekerja
dan belajar meteri kuliah
16.30 – 17.20
Sholat, siap-siap pulang kerja dan pulang kerja
17.20 – 18.25 beres-beres rumah, masak dan mandi
18.25 – 18.35 sholat
18.35 – 20.45 Makan
malam dan mengajar adik belajar
20.45 – 21.30 Sholat
dan mengaji
21.30 – 22.30 Nonton tv
22.30 – 23.30 belajar
materi kulaih
23.30 – 04.45
Kebersamaan : Mengeja arti sebuah kebersamaan
dalam menjalin sebuah hubungan. Entah dengan keluarga, persaudaraan,
persahabatan atau pun dengan pasangan. Kebersamaan menjadi suatu hal penting
dalam membina sebuah hubungan. Jelas kita tak pernah bisa benar-benar hidup
sendiri dalam kehidupan ini. Kita tidak bisa menjadi manusia yang egois, yang
merasa bisa melakukan segalanya sendirian, yang merasa tak membutuhkan orang
lain.
Kehidupan adalah sebuah siklus sebab akibat. Berbuat
baik, saling berbagi dalam kebersamaan, menjalin sebuah hubungan yang positif
itu pilihannya. Siapa yang menanam padi pasti akan tumbuh padi bukan?
Sebuah kebersamaan juga tidak bisa dipaksakan. Meskipun ada hubungan timbal
balik, seperti sebuah simbiosis tapi atas dasar kerelaan. Karena dalam menjalin
sebuah hubungan sosial kita harus belajar bagaimana pentingnya saling memahami,
mau mendengar, mau berbagi dan mau untuk peduli. Karena dengan begitu kita akan
bisa memaknai sebuah kebersamaan. Kebahagiaan dalam sebuah kebersamaan adalah
ketika bahagia dengan kebersamaan itu sendiri. Artinya hubungan yang terjalin
adalah sebuah kebaikan.
Adapun
rencana atau jadwal belajar dalam mengikuti perkuliahan adalah dengan melihat
materi serta tugas yang diberikan dari elearning, mencari referensi tugas yang
diberikan, serta mempelajari dengan baik materi dan tugas yang diberikan, dan
mendiskusikan dengan mahasiswa yang lainnya.