Sunday 22 September 2013

syahtriani paramitasari ( tahap perkuliahan ke 22)



LAPORAN AKTIVITAS BELAJAR
NamaLengkap
:
SYAHTRIANI  PARAMITASARI
No. Registrasi
:
1108251321
Alamat email
:
syahtriani@gmail.com
Opsi
:
PVB D1 TKJ
(Sistem jaringan dan wabsite)
Tahap Perkuliahan ke-
:
Perkuliahan ke- 22
USBJJ
:
SMKN 1 TANJUNG SELOR








Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas di tempat maggang,
di ( PT.PKN)

Aktifitas saya di tempat maggang adalah
membuat / merekap sebuah data-data yang melalui microsoft Excel,membantu proc mencatat pembelian barang yang akan  dibeli.membantu procuremenmemasukkan data yang akan dibeli pada ms excel .
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Aktifitas perkuliahn tahap ini saya berada pada tempat pkl(praktek kerja industri,
Dan turun kuliah pada setiap hari sabtu,
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Di dalam aktifitas perkuliahan ini saya mengerjakanya di tempat maggang,dan melihat contoh vidio tutorialnya di elearning.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Kendala-kendala yang saya alami selama menghadapi tahap perkuliahan ini :

·        Jauhnya teman untuk belajar bersama
·        Ada jaringan internet di tempat maggang, tetapi jaringan tersebut sangat lah terbatas ,karena banyak yang menggunakanya,
·        Sedikitnya waktu untuk belajar mengerjakan tugas tersebut,
Karena.pada jam 7:30 – 17:00 di tempat maggang.
·        Banyaknya kesulitan dalam mengerjakan tugas ini
·        Sedikitnya waktu untuk bertanya kepada teman untuk tugas-tugas pada tahap perkuliahan ini


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahanini.
Didalam vidio saya ini saya menjelaskan tentang :





Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.

Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Didalam vidio saya ini saya menjelaskan tentang :
Instalasi mysql & mail server
Membangun Web Server pada Debian 5 Lenny
  1. Kita harus login sebagai root.
  2. Install apache2 di Debian.
caranya dengan mengetikan perintah ini di terminal :
#apt-get install apache2
  1. Setelah terinstall, kita cek di browser dengan mengetikan http://localhost.
jika benar hasilnya akan sebagai berikut :

  1. Install php5 di Debian
caranya dengan mengetikan perintah ini di terminal :
#apt-get install php5
  1. Setelah selesai, kita tes dengan membuat file tes.php, caranya:
#nano /var/www/tes.php
Tulikan perintah ini di file tersebut :

 
Simpan dengan cara menekan tombol Ctrl+o, lalu enter, kemudian Ctrl+x.
  1. Sekarang kita tes di browser dengan mengetikan http://localhost/tes.php
Jika berhasil, hasilnya akan seperti gambar dibawah ini:


 









Jika tampil untuk men-unduh file tes.php tersebut, coba reboot terlebih dahulu, kemudian di tes lagi.
  1. Install php5-mysql di Debian
caranya dengan mengetikan perintah ini di terminal :
#apt-get install php5-mysql
  1. Install mysql-server di Debian
caranya dengan mengetikan perintah ini di terminal :
#apt-get install mysql-server

Setelah berhasil diinstall muncul form untuk mengisi password root untuk mysql seperti dibawah ini :

 
 Silakan isikan password anda yang gampang untuk diingat.
  1. Kita tes dengan cara mengetikan perintah ini di terminal
#mysql -u root -p

kemudian isikan password root mysql anda yang telah anda isikan sebelumnya. Jika berhasil akan muncul form sebagai berikut: 
 
  1. Install phpmyadmin di Debian
caranya dengan mengetikan perintah ini di terminal :
#apt-get install phpmyadmin

Setelah itu akan muncul form untuk mengkonfigurasi phpmyadmin. Disini saya pilih apache2. Gambarnya sebagai berikut :

  1. Setelah itu kita buka file konfigurasi apache untuk phpmyadmin dengan mengetikan
#gedit /etc/phpmyadmin/apache.conf
copykan isi seluruh perintah di file tersebut ke file /etc/apache2/apache2.conf di baris paling akhir
  1. Restart apache dengan cara mengetikan perintah ini :
#/etc/init.d/apache2 restart
  1. Kita tes dengan membuka browser dan mengetikan http://localhost/phpmyadmin
Akan muncul form sebagai berikut:


 
 Masukan password root anda dan hasilnya terlihat seperti gambar dibawah ini:

 

Kolom dibawah berisi link vidio saya, yang terdapat di youtube












No comments:

Post a Comment