Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
|
:
|
WAWAN
SARWANI
|
No.
Registrasi
|
:
|
1108261344
|
Alamat email
|
:
|
wa1gokill@gmail.com
|
Opsi
|
:
|
Sistem
Jaringan dan Website
|
Tahap Perkuliahan
ke-
|
:
|
1 (a) - 1 (c)
|
USBJJ
|
:
|
SMK
Negeri 1 Tanjung Selor
|
Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Tahap Perkuliahan 1 (a) Pembukaan kuliah perdana pada tanggal 5 Januari 2013 dilakukan oleh Dr.Ir. Aciek Ida Wuryandari, penjelasan tentang program USBJJ serta motivasi untuk menyemangati mahasiswa dalam menjalankan perkuliahan, tanggal 7 januari 2013 merupakan materi dasar perkuliahan dan mengakses melalui http://elearning.lskk.ee.itb.ac.id, registrasi via email, serta mendownload dokumen atau materi yang diperlukan, materi yang diberikan adalah PEMBENTUKAN MOTIVASI DAN KARAKTER PESERTA PROGRAM D1
Tahap Perkuliahan 1 (b) Perkuliahan ini dimulai pada tanggal 14 januari 2012, dengan melihat materi yang diberikan tentang cara setting pada software camstudio serta mengunduh, software dan video yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran, tanggal 15 januari 2012 memulai proses pembuatan video tutorial seperti yang dicontohkan, dengan menyiapkan bahan – bahan yang nantinya akan ditampilkan pada video tutorial
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Tahap Perkuliahan 1 (a) Pembukaan kuliah perdana pada tanggal 5 Januari 2013 dilakukan oleh Dr.Ir. Aciek Ida Wuryandari, penjelasan tentang program USBJJ serta motivasi untuk menyemangati mahasiswa dalam menjalankan perkuliahan, tanggal 7 januari 2013 merupakan materi dasar perkuliahan dan mengakses melalui http://elearning.lskk.ee.itb.ac.id, registrasi via email, serta mendownload dokumen atau materi yang diperlukan, materi yang diberikan adalah PEMBENTUKAN MOTIVASI DAN KARAKTER PESERTA PROGRAM D1
Tahap Perkuliahan 1 (b) Perkuliahan ini dimulai pada tanggal 14 januari 2012, dengan melihat materi yang diberikan tentang cara setting pada software camstudio serta mengunduh, software dan video yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran, tanggal 15 januari 2012 memulai proses pembuatan video tutorial seperti yang dicontohkan, dengan menyiapkan bahan – bahan yang nantinya akan ditampilkan pada video tutorial
Materi Seamolec Blender Ganesha D1 Pada bagian ini mahasiswa diberi tugas mengenai pembuatan suatu karakter menggunakan aplikasi blender, saya mengambil suatu karakter seorang ninja, dengan mencari referensi pada internet, sedikit demi sedikit saya sudah mulai memahami, memulai dengan pengenalan interfaces program blender, pengenalan tombol shortcut yang lebih memudahkan dalam penggunaan program blender
Tahap Perkuliahan 1 (c) Dalam tahap perkuliahan ini dimulai pada tanggal 29 Januari 2013, dikarenakan materi baru dapat diakses setelah adanya perbaikan server yang mengalami ganguan dari tgl 25 Januari 2013. Pada tahap perkuliahan ini mahasiswa diberi tugas membuat portofolio perkuliahan dari tahap 1(a) – 1 (c)
Tahap Perkuliahan 1 (c) Dalam tahap perkuliahan ini dimulai pada tanggal 29 Januari 2013, dikarenakan materi baru dapat diakses setelah adanya perbaikan server yang mengalami ganguan dari tgl 25 Januari 2013. Pada tahap perkuliahan ini mahasiswa diberi tugas membuat portofolio perkuliahan dari tahap 1(a) – 1 (c)
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Tahap Perkuliahan 1 (a) 7 januari 2012 mahasiswa diberikan hak akses pada menu elearning dan dapat mengunduh materi dasar, Perkuliahan dilakukan pada hari sabtu tanggal 12 januari 2013, instruktur menjelaskan tentang menu elearning yang masih banyak mahasiswa belum mengetahui mengkasesnya. Pada tahap ini, instruktur juga memberikan motivasi untuk mahasiswa dalam menyelesaikan tugas – tugas yang diberikan, serta menyediakan fasilitas pendukung mahasiswa dalam melakukan perkuliahan.
Tahap Perkuliahan 1 (b) Perkuliahan dimulai pada tanggal 14 januari 2013 melalui elearning, materi yang diberikan adalah pembuatan video dokumentasi menggunakan software camstudio, serta materi seamolec ganesha D1, perkuliahan dilanjutkan tanggal 19 jan 2013 dengan penjelasan dari instruktur tentang cara penggunaan aplikasi camstudio dan blender. Diadakan perkuliahan tambahan tanggal 23 jan 2013 oleh instruktur karena masih banyak mahasiswa yang belum memahami tugas yang diberikan. Tanggal 26 januari 2013 materi yang diberikan adalah penjelasan lanjutan mengenai penggunaan aplikasi blender.
Materi Seamolec Blender Ganesha D1
- Tanggal 17 Januari 2013 diadakan pertemuan tambahan untuk membahas tugas yang diberikan oleh elearning ITB ( Tahap Perkuliahan 1 (b) ), dikarenakan masih banyaknya mahasiswa yang belum memahami dalam pembuatan video tutorial, serta penggunaan aplikasi camstudio
- Pertemuan kedua dilakukan pada tanggal 19 januari 2013 sebagai rutinitas perkuliahan pada sub kampus SMK Negeri 1 Tanjung Selor, dengan masih kurangnya waktu, serta masih banyaknya mahasiswa yang belum memahami materi, pada malam harinya dilakukan lagi pertemuan tambahan.
- Tanggal 23 Januari 2013 diadakan lagi pertemuan tambahan oleh instruktur sub kampus, dengan penjelasan mengenai penggunaan program aplikasi blender, dengan diadakannya pertemuan tersebut, menambah pemahaman mengenai penggunaan blender
- Tanggal 26 Januari 2013 diadakan kuliah rutin pada sub kampus SMK Negeri 1 Tanjung Selor, membahas tugas – tugas yang belum selesai dikerjakan oleh mahasiswa.
Tahap Perkuliahan 1 (c) Perkuliahan dimulai pada tanggal 29 januari 2013 melalui elearning, karena server elearnig mengalami gangguan dari tanggal 25 januari 2013 sehingga untuk materi 1 (b) belum bisa di selesaikan melalui elearning. Tanggal 29 januari 2013 diadakan perkuliahan tambahan, instruktur menjelaskan cara penulisan pada blog yang telah disediakan oleh USBJJ SMK Negeri 1 Tanjung Selor.
Video Dokumentasi
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
•Akses internet yang belum memadai
•Terbiasanya menggunakan browser lain, sehingga belum mengetahui kalau yang digunakan untuk elearning menggunakan browser safari
•Spesifikasi komputer yang digunakan rendah
•Kurangnya pengetahuan penggunaan aplikasi belnder
Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Rangkuman Materi Perkuliahan 1 (a)
3 hal penting dalam transformasi menuju budaya mandiri :
1. Motivasi
2. Karakter
3. Kebersamaan
Motivasi merupakan dorongan atau penggerak yang berada dalam diri seseorang, disni mahasiswa diberikan tugas untuk menemukan 5 makna penting dalam mengikuti perkuliahan serta memberi peniliannya dari 5 makna tersebut dapat saya tuliskan sebagai berikut :
a. Ingin menekuni dibidang IT
Dengan latar pendidikan yg berbeda dengan dunia pekerjaan, saya harus lebih mendalami dan menekuni dibidang IT
b. Dunia kerja dibidang IT masih banyak peluang
Dengan perkembangan zaman, penggunaan tenaga ahli dibidang IT sangat diperlukan sehingga saya dapat memasuki dunia kerja dibidang IT
c. Dikalimantan lulusan dibidang IT masih kurang.
Lulusan tenaga ahli dibidang IT dari Kalimantan masih kurang, sehingga tenaga kerja masih banyak yang diambil dari luar Kalimantan.
d. Bisa membuat sebuah program komputer
Dengan mengikuti perkuliahan, harapan saya dapat membuat sebuah program komputer yang bernilai dan bermanfaat bagi banyak orang
e. Memahami mengenai jaringan komputer
Dalam dunia kerja, kita tidak hanya dituntut untuk bisa menggunakan komputer, tapi juga jaringan komputer.
Karakter pada intinya bertujuan membentuk kepribadian, dimana lingkupnya adalah : Olah Hati, Olah Pikir, Olah Rasa/Karsa. Olah Raga. Pada materi ini mahasiswa diberi tugas membuat kegiata generik sebelum mengikuti kuliah, adapaun kegiatan generik yang dimaksud adalah :
JAM KEGIATAN
05.00 – 05.15 Bangun, Mandi Pagi
05.15 – 05.30 Sholat
05.30 – 06.00 Membersihkan Rumah
06.00 – 07.00 Kepasar, Nonton TV, Sarapan Pagi
07.00 – 07.30 Persiapan Bekerja
07.30 – 07.45 Perjalanan Kerja
07.45 – 08.00 Briefing
08.00 – 12.00 Bekerja
12.00 – 13.00 Istirahat, Sholat, Makan
14.00 – 16.00 Bekerja
16.00 – 16.15 Perjalanan Pulang Kerja
16.15 – 16.30 Sholat
16.30 – 17.30 Waktu Untuk Keluarga
17.30 – 18.00 Persiapan Untuk Sholat dan Makan Malam
18.00 – 18.30 Sholat
18.30 – 19.30 Makan Malam, Istirahat, Nonton TV
19.30 – 20.00 Sholat
20.00 – 21.00 Menidurkan Anak
21.00 – 22.00 Nonton TV, mempersiapkan untuk pekerjaan
22.00 – 05.00 Tidur Malam
Kegiatan generik setelah mengikuti perkuliahan adalah Sbb:
JAM KEGIATAN
04.00 – 04.15 Bangun, Mandi Pagi
04.15 – 05.00 Mengkaji Al - Quran
05.00 – 05.15 Sholat
05.15 – 05.45 Belajar
05.45 – 06.00 Membersihkan Rumah
06.00 – 06.30 Kepasar
06.30 – 07.00 Olahraga
07.00 – 07.30 Persiapan Bekerja
07.30 – 07.45 Perjalanan Kerja
07.45 – 08.00 Briefing
08.00 – 12.00 Bekerja, Belajar
12.00 – 13.00 Istirahat, Sholat, Makan
14.00 – 16.00 Bekerja, Belajar
16.00 – 16.15 Perjalanan Pulang Kerja
16.15 – 16.30 Sholat
16.30 – 17.30 Waktu Untuk Keluarga
17.30 – 18.00 Persiapan Untuk Sholat dan Makan Malam
18.00 – 18.30 Sholat
18.30 – 19.30 Makan Malam, Istirahat, Nonton TV
19.30 – 20.00 Sholat
20.00 – 21.00 Menidurkan Anak
21.00 – 22.00 Nonton TV
22.00 – 23.00 Belajar
23.00 – 05.00 Tidur Malam
Kebersamaan dalam hal ini adalah belajar bersama – sama, namun hasil tidak perlu sama dalam mengerjakan tugas
Adapun rancangan belajar dalam mengikuti perkuliahan adalah dengan melihat materi serta tugas yang diberikan dari elearning, mencari referensi tugas yang diberikan, serta mempelajari dengan baik materi dan tugas yang diberikan, dan mendiskusikan dengan mahasiswa yang lainnya.
Rangkuman Materi Perkuliahan 1 (b)
Materi pada perkuliahan ini antara lain :
- Pengenalan software camstudio
- Cara setting standar camstudio
- Cara pembuatan video tutorial
- Menjelaskan mengenai infrastruktur jaringan pada suatu kantor/sekolah
- Menjelaskan mengenai fitur – fitur yang terdapat pada komputer/laptop
- Menjelasakan fitur – fitur satu gadget (smartphone)
Dari perkuliahan yang diberikan saya dapat menggunakan software camstudio dengan baik, dan dapat membuat video tutorial seperti yang diinginkan serta memahami struktur jaringan komputer yang ada dalm sebuah Local Area Connection
Dari pembuatan video tutorial juga, saya dapat memahami tentang menu – menu yang ada pada sebuah laptop/komputer, serta cara menjelaskan sebuah gadget.
Rangkuman Materi Seamolec Blender Ganesha D1
Dari perkuliahan pada tahap 1 (b) ini, mahasiswa diajarkan mengenai:
1. Penggunaan aplikasi blender
2. Interfaces yang ada pada program blender
3. Penggunaan shortcut untuk memudahkan dalam penggunaan aplikasi
4. Membuat sebuah objek (karakter), dengan melihat video yang telah disiapkan, sehingga sedikit memahami
Dari perkuliahan yang diberikan, saya dapat memahami penggunaan program blender dasar, untuk membuat suatu karakter
Rangkuman Materi Perkuliahan 1 (c)
Tahap Perkuliahan 1 (c) mahasiswa diajarkan mengenai posting pada blog yang telah disediakan, juga menulis laporan aktifitas belajar dari tahap awal perkuliahan hingga sekarang
Video Dokumentasi
Video Pertama berjudul Materi Dasar Tahap Perkuliahan 1 (b) - 1 :
Video tutorial ini menjelaskan bagaimana infrastruktur jaringan yang ada pada kantor bank perkreditan rakyat kabupaten Bulungan, pada video tersebut dijelaskan mengenai tentang, router, switch, modem, DVR CCTV, Access Point, Server, serta perangkat lain yang berhubungan dengan jaringan komputer
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
•Akses internet yang belum memadai
•Terbiasanya menggunakan browser lain, sehingga belum mengetahui kalau yang digunakan untuk elearning menggunakan browser safari
•Spesifikasi komputer yang digunakan rendah
•Kurangnya pengetahuan penggunaan aplikasi belnder
Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Rangkuman Materi Perkuliahan 1 (a)
3 hal penting dalam transformasi menuju budaya mandiri :
1. Motivasi
2. Karakter
3. Kebersamaan
Motivasi merupakan dorongan atau penggerak yang berada dalam diri seseorang, disni mahasiswa diberikan tugas untuk menemukan 5 makna penting dalam mengikuti perkuliahan serta memberi peniliannya dari 5 makna tersebut dapat saya tuliskan sebagai berikut :
a. Ingin menekuni dibidang IT
Dengan latar pendidikan yg berbeda dengan dunia pekerjaan, saya harus lebih mendalami dan menekuni dibidang IT
b. Dunia kerja dibidang IT masih banyak peluang
Dengan perkembangan zaman, penggunaan tenaga ahli dibidang IT sangat diperlukan sehingga saya dapat memasuki dunia kerja dibidang IT
c. Dikalimantan lulusan dibidang IT masih kurang.
Lulusan tenaga ahli dibidang IT dari Kalimantan masih kurang, sehingga tenaga kerja masih banyak yang diambil dari luar Kalimantan.
d. Bisa membuat sebuah program komputer
Dengan mengikuti perkuliahan, harapan saya dapat membuat sebuah program komputer yang bernilai dan bermanfaat bagi banyak orang
e. Memahami mengenai jaringan komputer
Dalam dunia kerja, kita tidak hanya dituntut untuk bisa menggunakan komputer, tapi juga jaringan komputer.
Karakter pada intinya bertujuan membentuk kepribadian, dimana lingkupnya adalah : Olah Hati, Olah Pikir, Olah Rasa/Karsa. Olah Raga. Pada materi ini mahasiswa diberi tugas membuat kegiata generik sebelum mengikuti kuliah, adapaun kegiatan generik yang dimaksud adalah :
JAM KEGIATAN
05.00 – 05.15 Bangun, Mandi Pagi
05.15 – 05.30 Sholat
05.30 – 06.00 Membersihkan Rumah
06.00 – 07.00 Kepasar, Nonton TV, Sarapan Pagi
07.00 – 07.30 Persiapan Bekerja
07.30 – 07.45 Perjalanan Kerja
07.45 – 08.00 Briefing
08.00 – 12.00 Bekerja
12.00 – 13.00 Istirahat, Sholat, Makan
14.00 – 16.00 Bekerja
16.00 – 16.15 Perjalanan Pulang Kerja
16.15 – 16.30 Sholat
16.30 – 17.30 Waktu Untuk Keluarga
17.30 – 18.00 Persiapan Untuk Sholat dan Makan Malam
18.00 – 18.30 Sholat
18.30 – 19.30 Makan Malam, Istirahat, Nonton TV
19.30 – 20.00 Sholat
20.00 – 21.00 Menidurkan Anak
21.00 – 22.00 Nonton TV, mempersiapkan untuk pekerjaan
22.00 – 05.00 Tidur Malam
Kegiatan generik setelah mengikuti perkuliahan adalah Sbb:
JAM KEGIATAN
04.00 – 04.15 Bangun, Mandi Pagi
04.15 – 05.00 Mengkaji Al - Quran
05.00 – 05.15 Sholat
05.15 – 05.45 Belajar
05.45 – 06.00 Membersihkan Rumah
06.00 – 06.30 Kepasar
06.30 – 07.00 Olahraga
07.00 – 07.30 Persiapan Bekerja
07.30 – 07.45 Perjalanan Kerja
07.45 – 08.00 Briefing
08.00 – 12.00 Bekerja, Belajar
12.00 – 13.00 Istirahat, Sholat, Makan
14.00 – 16.00 Bekerja, Belajar
16.00 – 16.15 Perjalanan Pulang Kerja
16.15 – 16.30 Sholat
16.30 – 17.30 Waktu Untuk Keluarga
17.30 – 18.00 Persiapan Untuk Sholat dan Makan Malam
18.00 – 18.30 Sholat
18.30 – 19.30 Makan Malam, Istirahat, Nonton TV
19.30 – 20.00 Sholat
20.00 – 21.00 Menidurkan Anak
21.00 – 22.00 Nonton TV
22.00 – 23.00 Belajar
23.00 – 05.00 Tidur Malam
Kebersamaan dalam hal ini adalah belajar bersama – sama, namun hasil tidak perlu sama dalam mengerjakan tugas
Adapun rancangan belajar dalam mengikuti perkuliahan adalah dengan melihat materi serta tugas yang diberikan dari elearning, mencari referensi tugas yang diberikan, serta mempelajari dengan baik materi dan tugas yang diberikan, dan mendiskusikan dengan mahasiswa yang lainnya.
Rangkuman Materi Perkuliahan 1 (b)
Materi pada perkuliahan ini antara lain :
- Pengenalan software camstudio
- Cara setting standar camstudio
- Cara pembuatan video tutorial
- Menjelaskan mengenai infrastruktur jaringan pada suatu kantor/sekolah
- Menjelaskan mengenai fitur – fitur yang terdapat pada komputer/laptop
- Menjelasakan fitur – fitur satu gadget (smartphone)
Dari perkuliahan yang diberikan saya dapat menggunakan software camstudio dengan baik, dan dapat membuat video tutorial seperti yang diinginkan serta memahami struktur jaringan komputer yang ada dalm sebuah Local Area Connection
Dari pembuatan video tutorial juga, saya dapat memahami tentang menu – menu yang ada pada sebuah laptop/komputer, serta cara menjelaskan sebuah gadget.
Rangkuman Materi Seamolec Blender Ganesha D1
Dari perkuliahan pada tahap 1 (b) ini, mahasiswa diajarkan mengenai:
1. Penggunaan aplikasi blender
2. Interfaces yang ada pada program blender
3. Penggunaan shortcut untuk memudahkan dalam penggunaan aplikasi
4. Membuat sebuah objek (karakter), dengan melihat video yang telah disiapkan, sehingga sedikit memahami
Dari perkuliahan yang diberikan, saya dapat memahami penggunaan program blender dasar, untuk membuat suatu karakter
Rangkuman Materi Perkuliahan 1 (c)
Tahap Perkuliahan 1 (c) mahasiswa diajarkan mengenai posting pada blog yang telah disediakan, juga menulis laporan aktifitas belajar dari tahap awal perkuliahan hingga sekarang
Video Dokumentasi
Video Pertama berjudul Materi Dasar Tahap Perkuliahan 1 (b) - 1 :
Video tutorial ini menjelaskan bagaimana infrastruktur jaringan yang ada pada kantor bank perkreditan rakyat kabupaten Bulungan, pada video tersebut dijelaskan mengenai tentang, router, switch, modem, DVR CCTV, Access Point, Server, serta perangkat lain yang berhubungan dengan jaringan komputer
Video Pertama berjudul Materi Dasar Tahap Perkuliahan 1 (b) - 2 :
Video tutorial ini menjelaskan mengenai fitur – fitur yang ada pada komputer / laptop, dalam hal ini saya menjelaskan fitur pada laptop yang saya gunakan, dengan sedikit penjelasan fungsi masing – masing software yang ada
Video Pertama berjudul Materi Dasar Tahap Perkuliahan 1 (b) - 3 :
Video tutorial ini menjelaskan mengenai fitur – fitur yang ada pada sebuah gadget dalam sal ini
saya mengambil sampel sebuah smartphone yang saya miliki, smartphone tersebut memiliki fasilitas seperti, bentuknya yang kecil dengan memiliki wireless, bluetooth serta software – software yang mendukung aplikasi android
Video tutorial ini menjelaskan mengenai fitur – fitur yang ada pada sebuah gadget dalam sal ini
saya mengambil sampel sebuah smartphone yang saya miliki, smartphone tersebut memiliki fasilitas seperti, bentuknya yang kecil dengan memiliki wireless, bluetooth serta software – software yang mendukung aplikasi android
Video Dokumentasi Materi Seamolec Blender Ganesha D1
Dalam video tutorial kali ini dibuat dalam 5 bagian, setiap bagian menceritakan urutan dalam pembuatan karakter menggunakan program blender, dalam video ini saya menggunakan karakter ninja sebagai modeling, dari bag 1 s/d bag 5 dijelaskan tahap –tahap pembuatan karakter tersebut.
1. Tugas Blender Ganesha D1 Karakter Ninja Bag1
2. Tugas Blender Ganesha D1 Karakter Ninja Bag2
3. Tugas Blender Ganesha D1 Karakter Ninja Bag3
4. Tugas Blender Ganesha D1 Karakter Ninja Bag4
5. Tugas Blender Ganesha D1 Karakter Ninja Bag5
No comments:
Post a Comment