Sunday 6 October 2013

SYAHTRIANI PARAMITASARI ( TAHAP 25 )


LAPORAN AKTIVITAS BELAJAR
NamaLengkap
:
SYAHTRIANI  PARAMITASARI
No. Registrasi
:
1108251321
Alamat email
:
syahtriani@gmail.com
Opsi
:
PVB D1 TKJ
(Sistem jaringan dan wabsite)
Tahap Perkuliahan 
:
Perkuliahan ke- 25
USBJJ
:
SMKN 1 TANJUNG SELOR





Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas di tempat maggang,
di ( PT.PKN)

tahap perkuliahan ini di awali pada tanggal 30 september 2013
tentang cara menginstal CMS ( Wordpress ) dan membuat posting.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Aktifitas perkuliahn tahap ini selesai melaksanakan maggang di PT.PESONA KHATULISTIWA NUSANTARA
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Di dalam aktifitas perkuliahan ini saya mengerjakanya dirumah  dan melihat vidio tutorialnya dari sekolah
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Kendala-kendala yang saya alami selama menghadapi tahap perkuliahan ini :

·        Jauhnya teman untuk belajar bersama


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahanini.
Untuk rangkuman materi perkuliahan yang telah saya palajari pada minggu adalah tentang cara Instalasi CMS Wordpress di localhost, nah ikuti langkah-langkahnya seperti dibawah ini:
CARA INSTALASI CMS WORDPRESS DI LOCALHOST
CMS wordpress adalah suatu cms yang menurut saya sangat populer selain dari pada cms sejenis lainnya seperti : joomla, drupal dan lain-lainnya. rata2 orang membuat website menggunakan cms ini disamping mudah dalam pengoprasikan nya juga open source , disini saya akan membagi bagaimana cara menginstal CMS Wordspress di komputer local / localhost dengan menggunakan webserver xampp, langsung saja kita mulai
1.   Lagkah pertamanya Sebelumnya kita harus siapkan    
      terlebih dahulu  file wordpress dan xampp, jika tidak   
      punya kita bisa download, mudah kok cari aja di google.
2.   File wordpress yang udah di download  harus di extrak  
    dulu.
3. Instal file xampp
4. Setelah xampp terinstal , kita bisa masukan file wordpress  yang sudah kita extrak sebelumnya, lalu simpan di direktori :  ( C:\xampp\htdocs ) setelah tersimpan kita rename folder tersebut terserah mau apa, misal disini kita rename dengan nama ‘wordpress’.
5. Langkah selanjutnya kita harus membuat database untuk wordpress, buka webbrowser dalam hal ini bisa mozila / IE, lalu masukan di address bar (http://localhost/phpmyadmin/) kita buat nama untuk databasenya dengan nama ‘wordpress’ di kolom Create new database setelah itu klik Create ,pembuatan database udah nyampe disitu, sekarang kita beranjak untuk instal wordpress supaya connect dengan database.
6. untuk memulai penginstalan wordpress buka link (http://localhost/wordpress) lalu enter, setelah muncul maka pilih /klik crate configuration file

7. setela itu tampil gambar selanjutnnya , kita pilih Let’s go

8. Lalu muncul lagi tamplan berikut : kita isi form tersebut, mungkin yang harus kita lakukan hanyalah merubah databasenya sesuai dengan yang dibuat sebelumnya dalam hal ini bernama ‘wordpress‘, lalu isi username dengan ‘root‘ untuk password di kosongkan aja, dan untuk 2 kolom selanjutnya isi sesuai dengan yang ada digambar berikuti ini :

 
9. lalu tampil seperti di bawah ini kita klik run the install
 

10. Setelah itu kita di suruh untuk mengisi form untuk melengkapi blog kita dari mulai judul, pasword untuk login, dan emailnya seperti muncul tampilan gambar dibawah ini. 
 
11. setelah itu akan muncul tampilan berikut ini yang menunjukan bahwa install berhasil dan sekarang kita bisa login masuk ke akun kita untuk merubah / mengedit blog sesuai dengan yang  kita inginkan.








Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.




Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Didalam vidio saya ini saya menjelaskan tentang :
  • menjelaskan cara  menginstal CMS ( Wordpress ) dan membuat posting.

Kolom dibawah berisi link vidio saya, yang terdapat di youtube









No comments:

Post a Comment