Sunday 17 November 2013

Tahap Perkuliahan Ke-28(Rubiah)


Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Rubiah
No. Registrasi
:
1108261336
Alamat email
:
rubiahrubi273@ymail.com
Opsi
:
Aplikasi Perangkat Lunak
Tahap Perkuliahan ke-
:
Ke- 28
USBJJ
:
SMKN 1 TANJUNG SELOR

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
 Tugas tahap perkuliahan 28 diberikan tanggal 21 sampai 26 oktober 2013. Pada tahap ini saya mahasiswa D1TKJITB diberikan tugas yang dapat di lihat melalui akun elearning dari tiap mahasiswa. Adapun tugas yang sudah saya lhat yaitu mengenai implementasi java form. Untuk mengerjakan tugas ini saya mencari bahan referensi atau materi dari interne serta melakukan uji coba dijava dengan menggunakan  Netbeans IDE.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Saya mencari referensi di internet tentang java form dengan eclipse, tpi sangat sedikit referensi yang saya dapat, ternyatajava form dengan netbeans sangat banyak referensi, kemudian saya menginstal Netbeans yang telah saya download, kemuan belajar membuat project java form dengan Netbeans.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.

Tahap perkuliahan kali ini saya membuat aplikasi sederhana yaitu, Kalkulator Persegi (bangun datar).
Sebelumnya kita telah mengetahui rumus matematika mengenai bangun datar apa lagi Persegi, hanya saja terkadang kita merasa sulit untuk menghitung bila tidak ada wadah seperti alat tulis kertas dan pena. Oleh karena itu saya mencoba membuat kalkulator Persegi (bangun ruang) ini. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat kalkulator sederhana ini.
  1.   Buka Netbeans IDE
  2. Pilih File – New Projec 
  3. Buatlah tampilan form seperti pada gambar dibawah ini:
Ubah properties sesuai dengan table di bawah ini:
: Class
Properties
Values
jLabel1
Text
Alas
jLabel2
Text
Tinggi
jLabel3
Text
Luas
jLabel4
Text
Keliling
jTextField1-4
Text
kosong
jButton1
Text
Ulangi
jButton2
Text
Selesai

Mnemonic
Klik untuk menutup
jButton3
Text
Hitung





Tuliskan source kodenya.
Untuk button OK:
Untuk button EXIT:
 
Untuk button Mulai Lagi:
                                                                                                                 


Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Dalam video tutorial kali ini saya menjelaskan bagaimana cara implementasi Java Form dan saya menggunakan Java Netbean.
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.


No comments:

Post a Comment