Thursday 14 November 2013

Tugas ke-21

Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Rubiah
No. Registrasi
:
1108261336
Alamat email
:
rubiahrubi273@ymail.com
Opsi
:
Aplikasi Perangkat Lunak
Tahap Perkuliahan ke-
:
Ke- 21
USBJJ
:
SMKN 1 TANJUNG SELOR

  Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Tu
Tugas tahap perkuliahan 21 diberikan tanggal 19 hingga 31 Agustus 2013. Seperti biasa Pada tahap ini saya melihat tugas melalui elearning.setelah mengetahui tugas yang diberikan saya mencari referensi pembahasan tug.as melalui internet.

Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.

Perkuliahan diadakan pada tanggal 24 Agustus setelah lama libur Bulan menyambut Hari Raya Idul Fitri, dan instruktur USBJJ tanjung selor memberikan pengarahan tentang tugas akhir.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
OS yang tidak mendukung.


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.

Untuk mengkoneksikan MySQL dengan C# kita membutuhkan beberapa software pendukung yaitu:
1.    Xampp
2.    Microsoft Visual C# 2010 Express

Lakukan instalasi:
a.    Install Xampp
b.    Install Microsoft Visual C# 2010 Express

  • Setelah instalasi selesai buka Visual Studio C# - Buat project baru.
  • Klik kanan direktori References yang ada pada Solution Explorer di sebelah kanan aplikasi Visual Studio, kemudian pilih Add Reference.
  • Kemudian pilih ReferencesMySql.Data.dll
  •  Setelah itu, klik dua kali Form kamu untuk masuk ke dalam View Code. Tambahkan kode berikut ini sebelum namespace yang berfungsi untuk meload library reference MySql.Data.dll tadi.
1
2
using MySql.Data;
using MySql.Data.MySqlClient;

  •  Buatlah sebuah button baru bernama btnConnect pada Design View.
  •  Klik dua kali tombol button lalu tambahkan kode berikut ini:
private void Form1_Load(object sender, EventArgs e)
        {
            MySqlConnection con = new MySqlConnection("server=localhost;username=root;password=");

            try
            {
                con.Open();
                MessageBox.Show("Koneksi Terhubung");
                con.Close();
            }
            catch (Exception ex)
            {
                MessageBox.Show(ex.Message);
            }
        }
   
-        

Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Dalam video tutorial kali ini saya menjelaskan mengenai cara integrasi atau menghubungkan MySQL dengan C#. saya menggunakan XAMPP sebagai perantara untuk menghubungkan C# dengan MySQL.
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.



No comments:

Post a Comment