Saturday 29 June 2013

Laporan Aktifitas Belajar Tahap perkuliahan 17D1TKJ (program sederhana yang mengaplikasikan switch-case)

Tahap Perkuliahan ke-17 DTKJ

Laporan Aktivitas Belajar

NamaLengkap
:
Muhammad Nur Rohim
No. Registrasi
:
1108261324
Alamat email
:
nurkarangagung74@gmail.com
Opsi
:
APL
TahapPerkuliahan
:
ke-17 DTKJ(membuat program sederhana yang mengaplikasikan switch-case serta penjelasannya.)
USBJJ
:
SMKN 1 Tanjung Selor

Aktivitas Belajar Mandiri


Di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada tanggal 23-29 JUNI 2013 mahasiswa mendapatkan tugas untuk membuat program sederhana yang mengaplikasikan switch-case serta penjelasannya.
Selanjutnya saya mempelajri tutorial yang ada serta mencari tutorial tambahan di internet sebagai bahan belajar saya.

Di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Selanjutnya pada tanggal 29 Juni 2013 yaitu pada hari sabtu, diadakan kuliah rutin, sebagai wadah untuk saling tukar pikiran kepada teman lainnya atas kendala-kendala dalam penyelesaian tugas pada tahapan ini.

Di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Koneksi jaringan internet yang kurang bagus
Masih kesulitan dalam memahami bahasa program c#.

Rangkuman Materi Perkuliahan

Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada prinsipnya penggunaan switch case sama dengan penggunaan if else hanya saja.Switch Case merupakan penyederhanaan dari statemen if else. jika if else efektif untuk beberapa alur percabangan, Switch Case akan efektif jika digunakan dalam jumlah percabangan yang sangat banyak.
Di bawah ini adalah proses penggunaan code c# pada program untuk menentukan nama hari:
private void button1_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            switch (textBox1.Text)
            {
                case "1":
                    MessageBox.Show("Hari senin");
                    break;
                case "2":
                    MessageBox.Show("Hari Selasa");
                    break;
                case "3":
                    MessageBox.Show("Hari Rabu");
                    break;
                case "4":
                    MessageBox.Show("Hari Kamis");
                    break;
                case "5":
                    MessageBox.Show("Hari Jum'at");
                    break;
                case "6":
                    MessageBox.Show("Hari Sabtu");
                    break;
                case "7":
                    MessageBox.Show("Hari Minggu");
                    break;
                default:
                    MessageBox.Show("Error");
                    break;
            }
        }
    }
}

Program yang saya inginkan adalah jika saya ingin menampilkan hari senin maka saya hanya inputkan angka 1,begitupun seterusnya,namun jika yang saya masukkan selain angka 1 sampai dengan angka 7 maka program tidak dpt menampilkan nama hari,melainkan pesan error.
Adapun daftar kegiatan PKL minggu kedua sbb.

LAPORAN KEGIATAN PKL (PRAKTEK KERJA LAPANGAN)
TANGGAL
JENIS KEGIATAN
PEMBIMBING
24 Juni 2013
Menginput data pada form pemakaian BBM Solar/Hari
BPK. AJI
25 Juni 2013
Menginput data pada Form MI (Material Issue)
BPK. AJI
26 Juni 2013
Menginput data pada Form MR (Material Recieve)
BPK. AJI
27 Juni 2013
Pemberian Bin Card Pada barang
BPK. AJI
28 Juni 2013
Merapikan susunan barang yang berantakan
BPK. AJI
29 Juni 2013
Off
30 Juni 2013
Menginput Data Pemakaian BBM (sola)
BPK. AJI
Video Dokumentasi

Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.


Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Video ini menceritakan proses pembuatan program untuk menampilkan nama hari hingga proses uji cobanya pada debugging.

Kolom di bawah ini berisi link yang menampilkan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.

http://www.youtube.com/watch?v=02PYrErTi5c

No comments:

Post a Comment