Friday 14 June 2013

Tahap Perkuliahan Ke - 15


Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
WAWAN SARWANI
No. Registrasi
:
1108261344
Alamat email
:
wa1gokill@gmail.com
Opsi
:
Aplikasi Perangkat Lunak
Tahap Perkuliahan ke-
:
15 –DTKJ202
USBJJ
:
SMK Negeri 1 Tanjung Selor

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.

Tugas Tahap Perkuliahan Ke – 15 Tanggal 2 -15 Juni 2013, dalam tahap perkuliahan ini, mahasiswa diberi tugas membuat dua aplikasi Windows Phone berdasarkan template yang telah ditentukan.Template dapat dilihat pada file "source template windows phone.zip".

Dalam tahap perkuliahan ini, aktifitas yang saya lakukan adalah :
-       Tanggal 1 juni 2013, telah diinformasikan oleh instruktur untuk tugas tahap perkuliahan ke – 15.
-       Mendownload file – file yang dibutuhkan dalam perkuliahan, seperti :
Ø  Source Template
Ø  Daftar Windows Phone Aplikasi yang telah dibuat.
Ø  Petunjuk untuk melaksanakan tugas.
Ø  List App Code
-       Mencari referensi dari insternet yang berhubungan dengan tugas.
-       Melakukan diskusi dengan dosen pembimbing pada forum facebook.
-       Setelah mendapat bimbingan saya menyusun waktu untuk melaksanakan tugas yang diberikan, agar tidak menggangu aktifitas bekerja.
-       Melakukan uji coba sebelum merekam kegiatan tugas.
-       Tanggal 12 Mei 2013 saya mulai merekam pembuatan tugas.
-       Upload video pada youtube dan memposting fortopolio pada blog yang telah ada

Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Perkuliahan tambahan dan perkuliahan rutin, selalu saya ikuti dan hadiri, untuk mencari informasi mengenai tugas yang diberikan oleh ITB, serta bersama teman – teman mempersiapkan untuk menghadapi Ujian Terpusat II yang akan dilaksanakan pada 15 Juni 2013
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
·         Belum mengerti tentang pemprograman C# pada windows phone.
·         Belum memahami struktur yang ada pada windows phone
  
Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.

Aplikasi yang saya buat disini, menggunakan Visual Studio Profesional 2010 serta Windows Phone 7.1.1 update, setelah mempelajari template yang yang diberikan, saya mulai mencoba membuatnya :
-       Membuat project baru
-       Memilih databound for windows phone
-       Memulai mendesain pada MainPage.xaml
-       Mengupload Gambar
-       Membuat data bersifat xml
-       Melakukan konfigurasi untuk membaca data xml

Setelah melaksanakan tahapan demi tahapan, saya bias membuat sebuah aplikasi yang saya beri nama WilayahIndonesia, dimana aplikasi ini memuat kode serta data wilayah administrasi di Indonesia berdasarkan peraturan menteri no 18 tahun 2013.
Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.



Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Dalam video tutorial ini, dijelaskan cara mengenai:

Membuat Aplikasi dari windows phone (databound), tahap demi tahap membuat data 34 Provinsi , 497 Kabupaten kota beserta lambing daerah.

Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
Video 1
Tugas Tahap Perkuliahan Ke - 15 (1) - Katalog Provinsi dan Kabupaten / Kota + Gambar Part 1 http://www.youtube.com/watch?v=o4Jcn0-P1jI
Tugas Tahap Perkuliahan Ke - 15 (1) - Katalog Provinsi dan Kabupaten / Kota + Gambar Part 2  http://www.youtube.com/watch?v=-W4ttk1jOZo
Tugas Tahap Perkuliahan Ke - 15 (1) - Katalog Provinsi dan Kabupaten / Kota + Gambar Part 3  http://www.youtube.com/watch?v=OTdHUsD11vk
Tugas Tahap Perkuliahan Ke - 15 (1) - Katalog Provinsi dan Kabupaten / Kota + Gambar Part 4  http://www.youtube.com/watch?v=3Tnk4wgfMX4

Video 2
Tugas Tahap Perkuliahan Ke - 15 (2) - Kuis Tebak Gambar Lambang Provinsi Part 1 http://www.youtube.com/watch?v=SYHkS770tNg
Tugas Tahap Perkuliahan Ke - 15 (2) - Kuis Tebak Gambar Lambang Provinsi Part 2 http://www.youtube.com/watch?v=4_OftrEYV8c
Tugas Tahap Perkuliahan Ke - 15 (2) - Kuis Tebak Gambar Lambang Provinsi Part 3 http://www.youtube.com/watch?v=eJWdCkNZpQM


No comments:

Post a Comment