Monday 15 July 2013

SYAHTRIANI PARAMITASARI ( tahap perkuliahan ke- 19 )



LAPORAN AKTIVITAS BELAJAR
NamaLengkap
:
SYAHTRIANI  PARAMITASARI
No. Registrasi
:
1108251321
Alamat email
:
syahtriani@gmail.com
Opsi
:
PVB D1 TKJ
(Sistem jaringan dan wabsite)
Tahap Perkuliahan ke-
:
Perkuliahan ke- 19
USBJJ
:
SMKN 1 TANJUNG SELOR





Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas di tempat maggang,
di ( PT.PKN)

Aktifitas saya di tempat maggang adalah
membuat / merekap sebuah data-data yang melalui microsoft Excel.
Instal office,,membantu proc mencatat pembelian barang yang akan mau dibeli.memasang power suplay yang rusak dan menggantinya dengan yang baru.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.

Tugas Tahap Perkuliahan Ke – 19 ini pada tanggal 9 juli -20 juli 2013 tetapi kami tidak turun karena kami sedang melaksanakan aktifitas maggang/ pkl.

Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Di dalam aktifitas perkuliahan ini saya mengerjakanya di tempat maggang,dan melihat contoh vidio tutorialnya di elearning.dan bertanya kepada teman yang mengerti tentang tugas tahap ini.

Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Kendala-kendala yang saya  selama mmenghadapi tahap perkuliahan ini :

·        Jauhnya teman untuk belajar bersama
·        Ada jaringan internet di tempat maggang, tetapi jaringan tersebut sangat lah terbatas ,karena banyak yang menggunakanya,
·        Sediknya waktu untuk belajar mengerjakan tugas tersebut.
·        Banyaknya kesulitan dalam mengerjakan tugas ini
·        Kurang mengerti tentang tugas tahap ini


RangkumanMateriPerkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahanini.
Didalam vidio saya ini saya menjelaskan tentang :
Membuat vidio dokumentasi cara melakukan konfigurasi DNS,FTP dan website dengan menimplementasikan pad sebuah kasus sederhana yang anda buat.





Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.























Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Didalam vidio saya ini saya menjelaskan tentang :
Membuat vidio dokumentasi cara melakukan konfigurasi DNS,FTP dan website dengan menimplementasikan pad sebuah kasus sederhana yang anda buat.
DNS ( Domain Name Server )
DNS menerjemahkan nama Domain menjadi deretan angka IP. Contohnya bila kita akan membuka atau merequest url Domain tertentu, biasanya kita menggunakan deretan nama atau huruf karena lebih mudah dihafal seperti esc-creation.com, google.com, yahoo.com , Facebook.com dan sebagainya.
Cara konfigurasi DNS
Control panel >>> Network Connections >>> Klik kanan account sambungan internet yang sedang aktif /connected >>> Properties >>> Networking >>> Internet Protocol >>> Properties >> Beri Tanda pada Use the Following DNS server addresses >>> masukan DNS yang anda pilih >> Klik Ok



  >>>



 Ini adalah cara setting DNS server,






Dan selanjutnya cara seting FTP
File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP.
Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client.
FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.
FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.
Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut :
• Untuk tujuan sharing data
• Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer
• Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user
• Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien
Keamanan FTP

FTP sebenarnya cara yang tidak aman dalam mentransfer suatu file karena file dikirimkan tanpa di-enkripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear text. Mode text yang dipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format binary. Secara default, FTP menggunakan mode ASCII dalam transfer data. Karena pengirimannya tanpa enkripsi, username, password, data yang di transfer, maupun perintah yang dikirim dapat di sniffing oleh orang dengan menggunakan protocol analyzer (sniffer). Solusi yang digunakan adalah dengan menggunakan SFTP (SSH FTP) yaitu FTP yang berbasis pada SSH atau menggunakan FTPS (FTP over SSL) sehingga data yang
dikirim terlebih dahulu di enkripsi.
Cara mengoprasikan FTP
Sebelum kita membuat FTP terlebih dahulu IIS(intrnet information service) harus sudah terinstal. Dan langkah-langkah membuat FTP yaitu buka Cobtrol panel-Administrative kemudian tools dan buka internet information service,kemudian buka local komputer yang bergambar komputer bukanya dengan cara klikmkanan pilih add FTP site dan pada tampilan site information isi FTP site name dengan nama kita,setelah itu content Dirwctorynya ini pilih folder yang mau kita shere kemudian klik next,dan setelah sampai pada halaman BINDING AND SLL SETTING pada IP ADDRESS nya kita pilih ip address kita,setelah itu pilih no ssll ( ini bila kita tidak ingin menggunakan pasword pada saat ingin shere data yang kita buat,kemudian NEXT.dan pada authentication and authorization information  kita pilih Ananymous terus all acces to nya pilih all user,pada permissionsnya pilih read.kemudian finissetelah itu buka browsure dan ketik ftp;//ini adalah no ip kita, misalnya ftp;//10.5.50.125.dan kasus yang saya buat yaitu tentang bahaya narkoba bagi kesehatan.






Kolom dibawah berisi link vidio saya, yang terdapat di youtube










No comments:

Post a Comment