Saturday 13 April 2013

laporan tahap perkuliahan ke8



Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Nur eksan
No. Registrasi
:
1108261331
Alamat email
:
Opsi
:
Aplikasi perangkat lunak
Tahap Perkuliahan ke-
:
08 Instalasi dan Konfigurasi JDK pada windows 7
.
USBJJ
:
SBJJ smkn1 tanjung selor

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Nama saya nur eksan berikut uraian singkat mengenai aktifitas belajar saya
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.

Aktifitas saya di SBJJ adalah tanya jawab dengan teman-teman d SBJJ tentang Perkuliahan Tambahan diadakan pada tanggal 27 dan 28 Maret 2013, pada pertemuan
Dr. Ir. Aciek Ida W.D, MT. serta assisten beliau yaitu ibu lis , materi yang diberikan adalah tentang pelajaran algoritma, cara membuat flow chart dan pseudocode serta penyelesaian soal (masalah) yang berkaitan dengan pemprograman.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
·         Koneksi Internet Yang Tidak Stabil

Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada tahapan ini saya belajar tentang
Pengertian Java dan JDK
Java adalah sebuah teknologi yang diperkenalkan oleh Sun Microsysytems pada pertengahan tahun 1990. Menurut definisi Sun, Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada computer standaloneataupun pada lingkungan jaringan. Kita lebih menyukai Java sebagai sebuah teknologi disbanding hanya sebuah bahasa pemrograman, karena Java lebih lengkap karena Java lebih lengkap dibanding sebuah bahasa pemrograman konvensional. Teknologi Java memiliki tiga komponen penting, yaitu:
·      Programming-language specification
·      Application-programming interface
·      Virtual-machine specification
JDK (Java Development Kit)
Java Development Kit (JDK) adalah Sun Microsystems produk ditujukan untuk pengembang Java.
Seperti namanya, JDK adalah semacam kotak peralatan (kit) yang digunakan untuk development. JDK ini berguna saat Anda menulis code program. JDK terdiri dari lingkungan eksekusi program yang berada diatas Operating System, sebagaimana dibutuhkan oleh para programmer untuk meng-compile, membenahi bug(s) yang ada, dan menjalankan tambahan2 dari program intinya (applets) yang ditulis dengan menggunakan Bahasa pemrograman Java.
Seperti halnya JRE, JDK juga memiliki JVM di dalamnya.

• javac, yaitu program untuk meng-compile kode sumber
• java, yaitu program untuk meluncurkan aplikasiC# secara serius kita bisa membuat aplikasi sesuai dengan yang kita inginkan

Biasanya Paket Tools JRE dan JDK ini berkumpul jadi satu dalam SDK ( kumpulan dari tools yang dibutuhkan untuk membuat serta menjalankan program
Jadi kesimpulannya:
- JRE untuk “membaca” program Java
- JDK untuk “menulis” program Java



Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.

 
Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.

Dalam video tutorial ini, dijelaskan cara mengenai:

Instalasi dan Konfigurasi JDK pada windows 7
.
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.

No comments:

Post a Comment