Friday 5 April 2013

tahap perkuliahan 4

Laporan Aktivitas Belajar


Nama Lengkap
:
Dahlia
No. Registrasi
:
1108261305
Alamat email
:
dahlia.ravi@gmail.com
Opsi
:
Aplikasi Perangkat Lunak
TahapPerkuliahan ke-
:
4 (perintah dasar linux)
USBJJ
:
SMKN 1 TANJUNG SELOR




Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Perkuliahan tahap ke – 4 dimulai pada tanggal 4 Maret 2012, pada tahap ini mahasiswa D1 diberikan tugas melalui elearning yaitu menjelaskan perintah – perintah pada linux. Dielearning mahasiswa mendapatkan panduan belajar berupa video tutorial yg menjelskan cara menginstal debian dan menjelaskan perintah pada linux.

Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Perkuliahan di USBJJ dilaksanakan pada tanggal 5 merupakan waktu tambahan, disini instruktur menjelaskan bagaimana cara menginstal debian, pada 6-7 diadakan lagi perkuliahan tambahan yang dibimbing langsung oleh dosen Ibu Aciek dan Ibu Lis. Pada tanggal 9 Maret 2012 adalah perkulihan rutin .

Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
  •  Linux merupakan pelajaran baru bagi saya
  • Jaringan internet tidak memadai





Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Perkuliahan tahap ke 4 ini saya mendapatkan pelajaran dan wawasan baru, dimana saya mengerti bagaimana cara menginstal debian dan perintah – perintah pada linux. Saya belajar melalui video yang diberikan pada elearning, mencari meteri di internet dan belajar serta bertanya pada teman-teman mahasiswa lainnya . dan saya akhirnya bisa menginstal debian dan mengerjakan tugas tahap ke 4 saya.




Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.




Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.

Pada video tutorial saya , saya menjelaskan perintah-perintah dasar pada linux
-LS
 Berfungsi untuk menampilkan direktori uang aktif
-Cd
 Berfungsi untuk merubah direktori menggunakan cd
-Cp
 Berfungsi untuk mengcopy suatu file
-Mcopy
 Berfungsi untuk mengganti nama suatu file dan jga memindahkan suatu file
-rm
 Berfingsi untuk menghapus suatu data atau file
-mkdir
 Berfungsi untuk membuat direktori baru
-rm
 Sama dengan perintah files yaitu menghapus,hanya saja rm files menghapus suatu file sedangkan rm direktori untuk menghapus suatu direktory
-Cal
 Berfungsi untuk menampilkn tanggal
-Date
 Berfungsi untuk melihat waktu sekarang
-Clear
 Berfungsi untuk membersihkan layar dari direktori yang aktif




Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.



No comments:

Post a Comment