Friday 19 April 2013

Tugas tahap perkuliahan ke-9


Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Rubiah
No. Registrasi
:
1108261336
Alamat email
:
Rubiahrubi273@gmail.com
Opsi
:
Aplikasi Perangkat Lunak
Tahap Perkuliahan ke-
:
Perkuliahan ke-9
USBJJ
:
SMK Negeri 1 Tanjung Selor

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.

      Pada perkulihan tahap ke-9 ini tanggal 15 Mei 2013 saya melihat tugas dari Elearning, isi dari tugas ke 9 ini adalah menjelaskan bagaimana cara mendownload IDE Eclipse Java EE serta cara Instalasinya. saya jugha mencari referensi dari internet serta mempelajari video-video tutorial yang saya download dari youtube.

Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.

Pada Tahap Perkuliahan ke-9 kali ini USBJJ mengadakan perkuliahan seperti biasa tepatnya pada tanggal 16 April di mana instruktur menjelaskan cara download Eclipse IDE Java EE.


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.


Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent). Berikut ini adalah sifat dari Eclipse:
  • Multi-platform: Target sistem operasi Eclipse adalah Microsoft Windows, Linux, Solaris, AIX, HP-UX dan Mac OS X.
  • Mulit-language: Eclipse dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java, akan tetapi Eclipse mendukung pengembangan aplikasi berbasis bahasa pemrograman lainnya, seperti C/C++, Cobol, Python, Perl, PHP, dan lain sebagainya.
  • Multi-role: Selain sebagai IDE untuk pengembangan aplikasi, Eclipse pun bisa digunakan untuk aktivitas dalam siklus pengembangan perangkat lunak, seperti dokumentasi, test perangkat lunak, pengembangan web, dan lain sebagainya.
Eclipse pada saat ini merupakan salah satu IDE favorit dikarenakan gratis dan open source, yang berarti setiap orang boleh melihat kode pemrograman perangkat lunak ini. Selain itu, kelebihan dari Eclipse yang membuatnya populer adalah kemampuannya untuk dapat dikembangkan oleh pengguna dengan komponen yang dinamakan plug-in.


Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.



Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
     Video kali ini saya menjelaskan bagaimana cara mendownload IDE Eclipse Java EE serta cara instalasinya.dimana kita dafat mendownload aplikasi tersebut di http://www.eclipse.org/downloads. IDE eclipse ini mempunyai beberapa distribusi IDE yang dapat kita download sesuai kebutuhan kita, tapi saya sarankan untuk memilih Eclipse IDE for Java EE karena memuat bsnyak fitur yang kita butuhkan dalam development.
    
     Setelah proses download Eclipse IDE for Java EE selesai, anda tidak perlu mengisntal lagi cukup meng-engstrak file tersebut ke-hardiks, dan eclipse bisa digunakan.

No comments:

Post a Comment