Saturday 13 April 2013

Tahap Perkuliahan ke-8: DTKJ201 Pemrograman Aplikasi Android (Rubiah)


Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Rubiah
No. Registrasi
:
1108261336
Alamat email
:
rubiahrubi273@gmail.com
Opsi
:
Aplikasi Perangkat Lunak
Tahap Perkuliahan ke-
:
Ke – 8
USBJJ
:
SMK Negeri 1 Tanjung Selor

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.

 

Pada tahap perkuliahan ke-8, dimulai pada tanggal 8 – 13 April 2013 dan pada tahap ini telah memasuki materi yang ke-2 yaitu Program D1 PVB TKJ [2. Materi Technopreneur] setelah mahasiswa mengikuti UTF 1 pada tanggal 6 April 2013, pada tahap ini mahasiswa diberi tugas  yaitu bagai mana cara mendownload dan menginstal JDK (Java Depelopment Kit). Pada tahap ini saya mencari referensi dari internet serta video tutorial yang ada.


Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada tahap perkuliahan ke-8 (Materi ke-2) ini USBJJ mengadakan kuliah tambahan tepatnya hari kamis tanggal 10 april 2013.
Dan tanggal 13 April 2013 USBJJ mengadakan kuliah rutin seperti biasanya yaitu melanjutkan penjelasan cara download & install JDK (Java Development Kit) pada perkuliahan sebelumnya.

Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.



Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.

Pada tahun 1991 bahasa java lahir dari the green project yang dikerjakan olehsekelompok insinyur dari Sun Microsystem, Inc., yang dipimpin oleh Patrick Naughtondan James Gosling. Proyek ini ditujukan untuk merancang bahasa untuk perangkat konsumer seperti cable TV box, Para perancang ini ingin menciptakan sebuah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan pada semua peralatan yang tidak tergantung oleh platform yang digunakan oleh peralatan tersebut.
 
Secara garis besan teknologi Java terbagai menjadi beberapa bagian yaitu sepertidi bawah ini:
  1. J2SE (Standard Edition) Teknologi Java ini dirancang untuk membuat aplikasi yang berjalan pada PC dan workstation yang berada pada platform Windows, Linux, Macintos. J2SE terbagimenjadi dua bagian besar yaitu J2SE Core dan J2SE Desktop. J2SE Core digunakan untuk teknologi security, debugging, database dan sebagainya. Sedangkan teknologi J2SE Desktop meliputi beberapa teknologi yaituJRE ( Java Runtime Environment), JFC (Java Foundation Classes), Java Sound API dan sebagainya.
  2. J2EE (Enterprise Edition)Teknologi Java ini digunakan untuk pengembangan aplikasi-aplikasi enterprise, meliputi beberapa teknologi yaitu JSP (Java Server Pages), Java Servlet , CORBA (untuk aplikasi terdistribusi) dan sebagainya.
  3. J2ME (Micro Edition) Teknologi Java ini digunakan untuk pengembangan sistem mikro dan system embedded seperti handphone, PDA dan lain sebagainya. Meliputi dua bagian besar yaitu CLDC (MIDP, BlueTooth dan lainnya) dan CDC Technology  (JDBC/teknologi database dan RMI).
  4. Java Web Services Merupakan aplikasi web berbasis enterprise dengan standar XML dan protokol tertentu untuk bertukar data dengan klien. Teknologi ini meliputi beberapa API yang dirancang untuk bekerja dengan XML seperti Java API for XML Based RPC (JAX-RPC), Java API for XML Based Messaging (JAXM), Java API for XML Processing (JAXP) dan Java API for XML Binding (JAXB).



Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.



Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.

Pada Tutorial video yang telah saya buat ini, berisikan tentang cara mendownload & instalasi JDK (Java Development Kit), yang dimana kita bisa mendownloadnya melalui link ini http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html. dan yang perlu diingat dalam mendownload JDK ini harus menyesuaikan dengan Operating Syestem pada komputer yang kita gunakan. saya juga menggunakan Aplikasi IDM (Internet Download Manager) yang mana lebih memudahkan saya dalam mendowload JDK tersebut.
Setelah mendownload JDK Saya juga menginstallnya dengan cara Klik kanan pada Software Java kemudian pilih Run as administrator setelah itu ikuti langkah atau petunjuk selanjutnya.
dan yang terahir setting dan cek apakah java (JDK) dapat digunakan.
Cara Setting JDK
1. Pilih Star klik kanan Computer - Properties kemudian klik Advanced system settings
Setelah itu akan muncul jendela Properties, kemudian pilih tab Advanced, klik Environment Variables
4. Setelah masuk jendela Environment Variables, pada tab System Variables, klik variable path - edit
5. Setelah klik edit  maka akan muncul jendela Edit System Variable, pada Variable name sudah terisi otomatis dengan path, kemudian pada Variable value pastekan dimana kita menginstal java. Disini saya menginstal java pada 
 
;C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_17\bin;
 
Jangan lupa, beri tanda titik koma (;) sebagai pembatas sebelum mem-paste Lokasi tempat kita menginstall JDK
6. Kemudian klik OK, OK,
7. Untuk mengetest apakah program javanya sudah bisa digunakan, masuk command prompt (cmd) 
start -> ketik “cmd” -> enter
Kemudian Ketik java atau javac, apabila sukses maka hsilnya akan seperti gambat dibawah ini:
 

No comments:

Post a Comment