Saturday 27 April 2013

Tahap Perkuliahan ke-10: DTKJ201 Pemrograman Aplikasi Android


Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Rubiah
No. Registrasi
:
1108261336
Alamat email
:
Rubiahrubi273@gmail.com
Opsi
:
Aplikasi Perangkat Lunak
Tahap Perkuliahan ke-
:
Perkuliahan ke-10
USBJJ
:
SMK Negeri 1 Tanjung Selor

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.

      Pada perkuliahan Tahap Ke-10 ini mahasiswa diberi tugas mengenai cara download Android SDK beserta cara instalasinya. dilanjutkan dengan bagaimana cara setting SDK Android pada IDE Eclipse JEE beserta plugin ADT, yang dapat dilihat pada Elearning dari masing-masing maha siswa. Di karnakan kurangnya pengetahuan Mengenai JAVA dan distributor lainnya, jadi saya mencari referensi dari buku-buku serta internet.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.

Pada Tahap ke-10 ini USBJJ mengadakan perkuliahan seperti biasanya tepatnya tanggal 25 April 2013. Kali ini instruktur menjelaskan bagai mana cara download SDK sesuai dengan Tugas dan juga menjelaskan mengenai android serta software pendukung lainnya.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.



Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.

Android merupakan subset perangkat lunak untuk ponsel yang meliputi sistem operasi, middleware dan aplikasi kunci yang di release oleh Google. Saat ini disediakan Android SDK (software Development kit) sebagai alat bantu dan API diperlukan untuk mulai mengembangkan aplikasi pada platform Android menggunakan bahasa pemrograman Java.

Android terdiri dari satu set core libraries yang menyediakan sebagian besar fungsi yang tersedia dalam core libraries dari bahasa pemrograman Java. Setiap menjalankan aplikasi Android sendiri dalam proses, dengan masing-masing instance dari mesin virtual Dalvik (Dalvik VM). Dalvik dirancang agar perangkat dapat menjalankan multiple VMs secara efisien. Mesin Virtual Dalvik dieksekusi dalam Dalvik executable (.dex), sebuah format yang dioptimalkan untuk memori yang kecil. Dalvik VM berbasis, berjalan dan dikompilasi oleh compiler bahasa Java yang telah ditransformasikan ke dalam .dex format yang disertakan oleh tool "dx".

Dalvik VM bergantung pada kernel Linux untuk berfungsi , seperti threading dan manajemen memori tingkat rendahnya. Berikut ini adalah link yang dapat kita gunakan untuk mendownload  pemograman android SDK yaitu:

Android SDK (Software Developmet Kit)

Tetapi sebelum kita mendowload dan mengistall SDK Sesuai dengan Tugas tahap ke-10 ini pastikan laptop atau PC kita sudah terinstall JDK & Eclipse IDE Java EE yang bias kita downloads melalui Site berikut:

1. JDK (Java Depelopment Kit)
                                                                                               
2. Eclipse IDE Java EE

.

 


Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.


Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.

Didalam video tutorial kali ini saya menjelaskan bagaimana cara mendowload Android SDKserta cara setting ADT plugin pada Eclipse IDE.

No comments:

Post a Comment