Friday 12 April 2013

Tahap Perkulihan 7

LAPORAN AKTIVITAS BELAJAR
Nama Lengkap
:
ASHADI
No. Registrasi
:
1108251304
Alamat email
:
Opsi
:
sistem jaringan – website
Tahap Perkuliahan ke-
:
7 (membuat windows form application sederhana)
USBJJ
:
SMKN 1 TANJUNG SELOR

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Setelah mempelajari materi yang diberikan oleh ibu Dr. Ir. Aciek Ida W.D, MT. serta assisten beliau yaitu ibu lis. Di kampus SMKN 1 TANJUNG SELOR. Saya langsung mencoba mempelajari membuat sebuah windows application yang sederhana pertama saya.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
  •   Pada Tanggal 27 Maret 2013,di USBJJ SMKN 1 TANJUNG SELOR. Kedatangan Dosen dari ITB ibu Dr. Ir. Aciek Ida W.D, MT. serta assisten beliau yaitu ibu lis  yang membahas tentang pemograman.

  •   Pada Pertemuan Kedua Tanggal 30 Maret 2013, di USBJJ SMKN 1 TANJUNG SELOR. Dosen dari ITB  ibu Dr. Ir. Aciek Ida W.D, MT. serta assisten beliau yaitu ibu lis datang lagi membahas tentang pemograman.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
  • ·         Kurangnya pengetahuan saya mengenai pemograman
  •       jaringan lambat

Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada tahap video ini saya membuka :
  •   Klik Microsoft Visual C# 2010 Express
  •   Kemudian klik new project lalu mengisi nama projectnya
  •   Lalu tekan “ OK ”
Setelah itu muncul tampilan form1 :
  •   Memilih Toolbox klik button
  •   Lalu klik properties
  •   Setelah itu klik dua kali Tombol TEKAN
  •   Untuk masuk di kode pemograman
Setelah itu muncul nanti tampilan kode pemograman :
  •   Setelah di buat kode pemogramannya
  •   Lalu tinggal menjalankan aplikasi kode pemograman
  •   Dengan menekan start debug atau F5
Yang kemudian menampilkan form1 :
  •   Lalu klik tombol tulisan TEKAN
  •   Kemudian akan muncul kalimat di kotak pesan
Begitulah cara membuat pemograman sederhana.


Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.

  •  gambar cara membuat windows form application sederhana


Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Dalam video saya buat ini menjelaskan  isi di dalam kode pemograman seperti ini :



using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;


namespace project_sederhana_saya
{
    public partial class Form1 : Form
    {
        public Form1()
        {
            InitializeComponent();
        }



        private void button1_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            MessageBox.Show(“hello....!saya berhasil membuat project pertama saya”);
        }
    }
}
Setelah itu tekan start debugging atau F5,selanjutnya muncul form1 lalu klik di dalam tombol Tulisan TEKAN akan muncul kotak pesan :

hello....!saya berhasil membuat project pertama saya





Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube

Link : http://youtu.be/NcicEvCnH8I

No comments:

Post a Comment