Wednesday 24 April 2013

Tahap Perkuliahan ke-10: DTKJ201 Pemrograman Aplikasi Android

Nama Lengkap
:
WAWAN SARWANI
No. Registrasi
:
1108261344
Alamat email
:
wa1gokill@gmail.com
Opsi
:
Aplikasi Perangkat Lunak
Tahap Perkuliahan ke-
:
10 –DTKJ201
USBJJ
:
SMK Negeri 1 Tanjung Selor

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.

Kesibukan dalam bekerja, membuat saya harus mengatur dan bisa membagi waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan, tahap perkuliahan ke – 10 (22 – 27 April 2013), mahasiswa diberi tugas untuk konfigurasi antara eclipse dan SDK Android serta ADT Pluginnya, video yang disediakan oleh elearning sudah berbeda dari kondisi yang sekarang, karena website developer android sudah menyediak paket yang terdiri dari ( Eclipse, Android SDK, ADT Pluginnya), hal tersebut memudahkan kita dalam mengerjakan tugas yang diberikan.

Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Perkuliahan diadakan tanggal 16 April 2013, dikarenakan kesibukan instruktur yang sedang dihadapi oleh Ujian Akhir Nasional  sehingga perkuliahan hanya dilakukan 1 kali saja, biasanya rutinitas USBJJ Tanjung Selor mengadakan perkuliahan sebanyak 2 kali dalam seminggu, dalam perkuliahan tersebut, membahas tentang tugas tahap perkuliahan ke - 9
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
·         Koneksi Internet Yang Tidak Stabil
·         Waktu untuk menyelesaikan tugas kurang
 
Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Android  adalah  sistem  operasi  untuk  telepon  seluler  berbasis  Linux  sebagai  kernelnya. Saat  ini  Android  bisa  disebut  raja  dari  smartphone.  Mengapa  Android  begitu  pesat perkembangan  di  era  saat  ini?  Karena  Android  menyediakan  platform  terbuka  (Open Source) bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri.

Android,  Inc.  didirikan  oleh  Andy  Rubin,  Rich  Milner,  Nick  Sears  dan  Chris  White pada  tahun  2003.  Pada  Agustus  2005  Google membeli  Android  Inc.  Kemudian  untuk  mengembangkan Android  dibentuklah  Open  Handset  Alliance  konsorsium  dari  34  perusahaan  hardware,  software  dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualqomm, T-Mobile dan Nividia.

Dalam pengembangan aplikasi Android biasanya para pengembang (developer Android)  menggunakan  Eclipse  sebagai  Integrated  Development  Environment  (IDE). IDE  merupakan  program  komputer  yang  memiliki  beberapa  fasilitas  yang  diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Eclipse tersedia secara bebas untuk merancang dan mengembangkan aplikasi Android. Eclipse  merupakan IDE terpopuler dikalangan developer  Android,  karena  Eclipse  memiliki  Android  plug-in  lengkap  yang  tersedia untuk  mengembangakn  aplikasi  Android.  Selain  itu,    Eclipse  juga  mendapat  dukungan  langsung  dari Google untuk menjadi IDE pengembangan Android, membuat project Android di mana source software langsung  dari  situs  resminya  Google.  Selain  Eclipse  dapat  pula  menggunakan  IDE  Nebeans  untuk pengembangan  aplikasi  Android.  Namun  menurut  saya  Anda  lebih  baik  menggunakan  Eclipse,  karena akan dipermudah saat melakukan pengcodingan.

Android SDK merupakan sebuah tools yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android menggunakan bahasa pemrograman Java. Pada saat ini Android SDK telah menjadi alat bantu dan API ( Application Programming Interface ) untuk mengembangkan aplikasi bebasis Android. Android SDK  dapat  Anda  lihat  dan  unduh  pada  situs  resminya,  yaitu  http://www.developer.android.com/. Android SDK bersifat gratis dan bebas Anda distribusikan karena Android bersifat open source.

Perlengkapan dan kebutuhan yang dibutuhkan untuk memulai mengembangkan aplikasi Android terdiri dari:

1. JDK Java Depelopment Kit

2. Eclipse IDE JEE

3. Android SDK

4. ADT Plugin
    
Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.



Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Dalam video tutorial ini, dijelaskan cara mengenai:

Cara download Android SDK beserta cara instalasinya. Kemudian dilanjutkan dengan bagaimana cara setting SDK Android pada IDE Eclipse JEE beserta plugin ADT.

Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.

No comments:

Post a Comment