Saturday 4 May 2013

Laporan Aktivitas Belajar Tahap Perkuliahan ke-8 DTKj201


Tahap Perkuliahan ke-8 DTKj201

Laporan Aktivitas Belajar

NamaLengkap
:
Muhammad Nur Rohim
No. Registrasi
:
1108261324
Alamat email
:
nurkarangagung74@gmail.com
Opsi
:
APL
TahapPerkuliahan
:
ke-8 DTKj201
USBJJ
:
SMKN 1 Tanjung Selor

Aktivitas Belajar Mandiri


Di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada tanggal 8 – 14 April 2013 mahasiswa mendapatkan tugas untuk menjelaskan cara download serta proses instalasi Java Development Kit (JDK). Dengan mempelajari video tutorial serta mempratekkannya akhirnya saya bisa menyelesaikan tugas pada tahap perkuliahan ini,selain itu jga saya melakukan belajar kelompok dengan teman kelompok saya.
Di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Perkuliahan Tambahan diadakan pada tanggal 27 dan 28 Maret 2013, pada pertemuan ini, mahasiswa mendapat kunjungan dan pemberian materi oleh ibu Dr. Ir. Aciek Ida W.D, MT. serta assisten beliau yaitu ibu lis , materi yang diberikan adalah mengenai algoritma pemrograman, cara membuat flowchart dan pseudocode serta penyelesaian soal (masalah) yang berkaitan dengan materi pemprograman.
Tanggal 4 April 2013  diadakan perkuliahan pada USBJJ untuk membahas mengenai Tugas Tahap Perkuliahan ke -7 serta persiapan untuk Menghadapi UTF I, instruktur menjelaskan mengenai tata cara serta waktu pelakasanaan UTF I

Di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Koneksi jaringan internet yang kurang bagus

Rangkuman Materi Perkuliahan

Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada tahapan ini mahasiswa diajarkan mengenai cara penginstalan JDK (Java Development Kit) serta install Eclipse dan SDK serta cara menjalankan contoh aplikasi pada Android.
Berikut proses download serta instalasi JDK.
Saya masuk dulu ke http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html
Selanjutnya saya lakukan browsing di internet pada tampilan java see download saya klik java platform(JDK) selnjutnya saya pilih yang sesuai dengan system operasi yang saya gunakan, lalu saya klik untuk memulai mendownloads, disini saya menggunakan Internet Download maneger sebagai aplikasi Untuk mendownload, setelah selesai proses download saya lakukan proses instalasi hingga proses instalasi selesai.
Pengertian Java dan JDK
Java adalah sebuah teknologi yang diperkenalkan oleh Sun Microsysytems pada pertengahan tahun 1990. Menurut definisi Sun, Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada computer standar ataupun pada lingkungan jaringan. Teknologi Java memiliki tiga komponen penting, yaitu:
·      Programming-language specification
·      Application-programming interface
·      Virtual-machine specification

JDK (Java Development Kit)
Java Development Kit (JDK) adalah Sun Microsystems produk ditujukan untuk pengembang Java.
Seperti namanya, JDK adalah semacam kotak peralatan (kit) yang digunakan untuk development. JDK ini berguna saat Anda menulis code program. JDK terdiri dari lingkungan eksekusi program yang berada diatas Operating System, sebagaimana dibutuhkan oleh para programmer untuk meng-compile, membenahi bug(s) yang ada, dan menjalankan tambahan2 dari program intinya (applets) yang ditulis dengan menggunakan Bahasa pemrograman Java.
Seperti halnya JRE, JDK juga memiliki JVM di dalamnya.

• javac, yaitu program untuk meng-compile kode sumber
• java, yaitu program untuk meluncurkan aplikasiC# secara serius kita bisa membuat aplikasi sesuai dengan yang kita inginkan


Video Dokumentasi

Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.

Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.

Kolom di bawah ini berisi link yang menampilkan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.


No comments:

Post a Comment