Saturday 11 May 2013

Tahap Perkuliahahan Ke -5 DTKJ103



Laporan akitifitas belajar

Naman                             : Tri supardi
No registrasi                  : 1108251305
Alamat Email                   : Suparditry@gmail.com
Opsi                                : Sistem jaringa dan Website
Tahap perkluliahan ke      : 3-DTKJ102
USBJJ                           :SMK Negri 1 tanjung selor

Aktifitas belajar mandiri

Kolom dibawah ini berisi uraian singkat belajar rutin saya pada tahp perkuliahan ini.

Perkuliahan tahap ini dimulai pada tanggal 11 s/d 16 Maret 2013,Pada kami diberikan tugas.
-                         Cara setting network adapter  pada virtualBox Manajer
         Cara setting  IP Adress static  dan dynamic pada debian dengan yang      dijalankan melalui VirtualBox.
         Cara setting  IP Adress yang bersifat DHCP atau otomatis dari jaringan
         Cara setting proxy pada linux VirtualBox
.Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktifitas saya di USBJJ selama tahap perkuliahan ini.
Perkuliahan di USBJJ dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2013, kami dijelaskan tentang tugas tahap ke 5, Dan pada hari sabtu , melanjutkan membahas tugas tahap ini.
Kolom di bawah ini berisi kendala yang saya temui dalam tahap perkulihan ini.
-       Keterlambatan saya dalam mengerjakan tugas tahap ini.
Rangkuman materi perkuliahan.
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada perkuliahan tahap ke ini, Kami belajar:
-          Cara setting network adapter  pada virtualBox Manajer
-          Cara setting  IP Adress static  dan dynamic pada debian dengan yang dijalankan melalui VirtualBox
-          Cara setting  IP Adress yang bersifat DHCP atau otomatis dari jaringan
-          Cara setting proxy pada linux VirtualBox.
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.


Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Dalam video saya ini, sayn cara menjelaskan cara mengenai:
- Cara setting proxy pada browser Iceweasel Debian
- Cara Setting  Network Adapter Oracle Virtualbox Machine
- Cara Setting IP address static dan dinamik pada linux debian dengan menggunakan perintah:
1. sudo pico /etc/network/interfaces
 eth1 Harus sama dengan eth berapa yg ingin di atur staticnya contohnya.
auto eth1
iface eth1 inet static
address 192.168.1.3
netmask 255.255.255.0
broadcast 37.1.195.200
gateway 192.168.1.1

2. sudo pico /etc/resolv.conf
Untuk merubah DNS Server
nameserver 184.82.128.138
nameserver 37.1.195.200

3. sudo pico/etc/network/interfaces
\iface eth1 inet dhcp
4. setelah itu restart service network-nya
sudo /etc/init.d/networking restart
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.


No comments:

Post a Comment