Tuesday 21 May 2013

Tahap perkuliahan ke-2 instal virtualbox



Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
JAMES FETRIC HERMANUS
No. Registrasi
:
1108251313
Alamat email
:
Opsi
:
Sistem jaringan – website
Tahap Perkuliahan ke-
:
Perkuliahan- 2
USBJJ
:
SMKN 1 TANJUNG SELOR

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
sesudah saya mendapatkan software VirtualBox, saya mencoba untuk menginstal software itu di USBJJ SMKN 1 TANJUNG SELOR. Sesudah saya berhasil menyelesaikan penginstal VirtualBox saya dan teman – teman sekampus saya diberi file ISO WINDOWS 7 yang akan digunakan pada Penginstalan Windows 7  melalui VirtualBox. Setelah itu saya mencoba untuk mempelajari tahap – tahap maupun cara penginstal Windows 7 melalui VirtualBox dirumah.
Di bawah ini berisi Urian singkat Aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan.
Setelah itu memasuki tanggal 14 Februari 2013,di USBJJ SMKN 1 TANJUNG SELOR. Saya beserta teman - teman di beri software VirtualBox untuk menginstal Programnya.
dan Pada memasuki Tanggal 16 Februari 2013,di USBJJ SMKN 1 TANJUNG SELOR. Saya beserta teman - teman di beri sedikit penjelasan melalui INSTRUKTUR kami bagaimana cara menggunakan VirtualBox dan cara menginstal Windows 7 melalui VirtualBox.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Ø  Laptop yang saya gunakan, masih banyak program  atau pun aplikasi yg kurang sehingga saya kadang mendapat kendala  yang memperlambat saya untuk menyelesaikan tugas
Ø  Apa bila saya akan mengaplot tgas terkadang jaringan sangat lambat



Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Untuk Tahap Perkulihan diberikan Tugas cara - cara menginstal windows 7 melalui virtualBox, sebelum kita melakukan penginstal windows 7 melalui virtualbox ada juga  tahap – tahap kita untukmenjalankan :
1.     Terlebih dahulu kita akan Menginstal virtualBox
2.    Menjalankan Program yang ada divirtualBox
Dengan Mengklik :
Ø  Klik New
Ø  Klik Next,lalu kita mengisi VM Name dan OS Type seperti : Operating system dan Version.
Ø  Mengatur Memory
Ø  Mengiktiterus Petunjuknya dengan mengklik “Next” hingga samapai akhir “Finish”
Ø  Klik settingns
Ø  Lalu klik storage
Ø  Klik empty, terus klik yang gambar CD/DVD. Kemudian kita tinggal cari tulisan “choose a virtual CD/DVD disk file
Ø  Tinggal mencari file iso yang kita simpan dimana letaknya, kalau sudah mengklik ok.
Ø  Lalu tinggal menjalankan dengan mengklik tanda panah warna hijau yang berarti “start”
3.    Kita tinggal menungggu proses penginstalan,terus jangan lupa mengisi :
Ø  Mengatur bahasa
Ø  Memilih type windows 7 apa yang digunakan
Ø  Mengatur hardisk
Ø  Tinggal menunggu proses penginstalan
Ø  Sesudah proses penginstalan,laptop kita akan mengatur ulang dengan :
Ø  Mengisi nama dan type laptop
Ø  Mengatur waktu,tanggal
Ø  Memilih Program jaringan yang digunakan

Maka berakhirlah cara-cara menginstal windows 7 yang saya dapat pahami.
Link di blog :
                           http://d1pvbitb-tkj-usbjj-tanjung-selor.blogspot.com/2013/05/tahap- perkuliahan-ke-2-instal-virtualbox.html





Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.




                                                        






Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
1.       Video cara penginstal Windows 7 melalui VirtualBox ,menceritakan :
Bagaimana cara kita menjalankan program windows 7 dari cara setting nama,os type hingga sampai cara memasukan file iso dan menjalankan programnya, dan  setelah itu adalah  cara penginstal windows 7 melalui VirtualBox, menjelaskan, Bagaimana mengisi nama type laptop hingga sampai pada mengatur program jaringan untuk digunakan.
















                                            




Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di 
Youtube.












LINK VIDEO:
                        http://www.youtube.com/watch?v=Fz6GjBg2Bhw

No comments:

Post a Comment