Thursday 16 May 2013

perkuliahan ke1 c(a-c)


Tahap Perkuliahan Ke1 c (a-c)
Laporan Aktivitas Belajar

NamaLengkap
:
Agus Salim
No. Registrasi
:
1108251302
Alamat email
:
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Website
TahapPerkuliahan
:
1 c (a-c)
USBJJ
:
SMKN 1 Tanjung Selor

Aktivitas Belajar Mandiri


Di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Pembukaan kuliah perdana pada tanggal 5 Januari 2013 perkuliahan perdana ini penjelasan tentang program USBJJ serta motivasi untuk menyemangati mahasiswa dalam menjalankan perkuliahan, tanggal 7 januari 2013 merupakan materi dasar perkuliahan dan mengakses melalui http://elearning.lskk.ee.itb.ac.id, registrasi via email, serta mendownload dokumen atau materi yang diperlukan, materi yang diberikan adalah PEMBENTUKAN MOTIVASI DAN KARAKTER PESERTA PROGRAM D1

Di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Perkuliahan dilakukan pada hari sabtu tanggal 12 januari 2013, instruktur menjelaskan tentang akses dan menu-menu yang terdapat  pada  elearning pada perkuliahan pertama ini kami di berikan kesempatan untuk belajar memahami materi-materi  Pada tahap ini, instruktur juga memberikan motivasi kepada kami

Di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
-          Akses internet yang lambat dan belum memadai
-          kurangnya mengetahui tentang mengakses tugas
-          Masih kurangnya pemahaman dalam menggunakan internet,
-          Saya masih belum bisa membuat objek 3D, pada aplikasi Blender
-          Masih belum memahami penyusunan portofolio pada blog

Rangkuman Materi Perkuliahan

Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Materi yang dipelajari pada tahapan perkuliahan ini sudah cukup banyak,berikut akan saya uraiakan secara garis besar  rangkuman materi apa saja yang sudah saya pelajari, :
3 hal penting dalam transformasi menuju budaya mandiri :
1.    Motivasi
2.    Karakter
3.    Kebersamaan



Motivasi Rasa keingin tahuan yang membuat saya memilih bidang komputer ini  dan saya ingin tahu lebih banyak pengoprasian komputer.
b.      saya ingin memperdalam skil yang bisa meningkatkan kualitas diri saya.
c.     Saya ingin mengerti tentang program-program computer dan cara penggunaannya. Serta dapat membuat sendiri program computer.karena saya malihat bahwa banyak sekali orang yang memiliki komputer namun tidak banyak memahami tentang komputer dan ini bisa menjadi peluang kerja.
d.  Bagi saya dengan komputer dan internet sarana yang sangat tepat untuk  menambah wawasan baru yang akan menambah pengetahuan saya
e.  saya ingin memiliki skil dibidang ini untuk menjadi bekal saya di dalam persaingan kerja

Karakter : pada intinya bertujuan membentuk kepribadian, dimana lingkupnya adalah : Olah Hati, Olah Pikir, Olah Rasa/Karsa. Olah Raga.
Pada materi ini mahasiswa diberi tugas membuat kegiatan generik sebelum mengikuti kuliah, adapaun kegiatan generik yang dimaksud adalah :

22.00 – 04.45              Tidur malam dan bangun tidur
04.45 – 05.00              mandi pagi
05.00 – 05.15              Sholat subuh
05.15 – 07.30              persiapan kerja serabutan
07.30 – 12.00              kerja
12.00 – 13.30              istirahat,makan dan sholat
13.30 – 16.30              kerja
16.30 – 17.30              Pulang kerja dan Berolah Raga
17.30 – 18.30              Mandi dan sholat
18.30 – 19.15              Baca- baca buku         
19.15 – 20.45              sholat isya
20.45 – 21.45              Nonton tv
21.45 – 22.00             Tidur malam

Rencana Jadwal Generik Harian Setelah Mengikuti Perkuliahan:
Kegitan pagi sampai sore masih tetap perubahannyapada sore sampai malam
19:00 – 23:00              nonton tv/belajar/ngerjakan tugas

Kebersamaan dalam hal ini adalah belajar bersama – sama, namun hasil tidak perlu sama dalam mengerjakan tugas.
Adapun rancangan belajar dalam mengikuti perkuliahan adalah dengan melihat materi serta tugas yang diberikan dari elearning, mencari referensi tugas yang diberikan, serta mempelajari dengan baik materi dan tugas yang diberikan, dan mendiskusikan dengan mahasiswa yang lainnya.

Membuat video tutorial yang menjelaskan :
1.      Tentang Fitur-fitur pada komputer,
2.      fitur-fitur pada Gudget,
3.      infrastruktur pada sistem jaringan komputer
Membuat video tutorial membuat objek 3D dengan App Blender,adapun Sumber materi ini berasal dari SeamoleC Blender Ganesha D1
Membuat laporan dan menyusun portofolio pada blog
1.      Membuat laporan aktifitas belajar
-     Buatlah Laporan aktifitas belajar pada tahap perkuliahan 1(a)-1(c) termasuk materi berasal dari SeamoleC Blender Ganesha D1
-      Laporan dibuat sesuai dengan template yang telah ditentukan
-     Lalu mengumpulkannya pada instruktur USBJJ
2.      Menyusun Portofolio
-     Portofolio disusun dalam blog yang telah disediakan oleh USBJJ
-     Posting pada blog yang dilakukan yaitu memindahkan (copy-paste) seluruh isi laporan


Video Dokumentasi

Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.

Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
1.       Video tutorial ini menjelaskan bagaimana infrastruktur jaringan yang ada pada warnet , pada video tersebut dijelaskan mengenai tentang, akses internet yang terhubung dengan perangkat-perangkat lainnya seperti ,modem,pc server,sweth, yang berhubungan dengan jaringan komputer lain


2.       Video tutorial ini menjelaskan bagaimana infrastruktur jaringan yang ada pada warnet , pada video tersebut dijelaskan mengenai tentang, akses internet yang terhubung dengan perangkat-perangkat lainnya seperti ,modem,pc server,sweth, yang berhubungan dengan jaringan komputer lain


3.   Video tutorial ini menjelaskan mengenai fitur fitur yang ada pada sebuah gadget dalam sal ini saya mengambil sampel sebuah smartphone Samsung galaxy mini GT 5570 yang saya miliki, smartphone tersebut memiliki fasilitas seperti, bentuknya yang mini dengan memiliki wireless, bluetooth serta software software yang mendukung aplikasi android lain

Kolom di bawah ini berisi link yang menampilkan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.yaitu pada tugas 1b.

No comments:

Post a Comment