Saturday 4 May 2013

Tahap Perkuliahan ke-11: DTKJ201 Pemrograman Aplikasi Android

Nama Lengkap
:
WAWAN SARWANI
No. Registrasi
:
1108261344
Alamat email
:
wa1gokill@gmail.com
Opsi
:
Aplikasi Perangkat Lunak
Tahap Perkuliahan ke-
:
11 –DTKJ201
USBJJ
:
SMK Negeri 1 Tanjung Selor

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.

Alhamdulillah meskipun disibukkan dengan pekerjaan, saya masih sempat menegerjakan tugas tahap perkuliahan ke – 11 ini, yang dimulai dari 29 Maret – 4 Mei 2013. Tahap perkuliahan ini mahasiswa diberi tugas mengenai membuat aplikasi android sederhana, serta menjalankannya dengan emulator android. Pada awal mengerjakan tugas ini, saya mengalami sedikit kesulitan, namun dengan latihan dan mencoba secara terus menerus, saya dapat mengerjakan tugas tahap perkuliahan ini.

Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Tanggal 30 maret 2013, instruktur mengadakan perkuliahan tambahan, untuk membahas materi yang sedang dihadapi mahasiswa, serta menjelaskan cara menggunakan emulator android, tanggal 4 mei 2013 merupakan perkuliahan rutin yang dilaksanakan oleh USBJJ.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
·         Koneksi Internet Yang Tidak Stabil
·         Waktu untuk menyelesaikan tugas kurang
·         Belum memahami bahasa pemprograman android

Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.

Sebelum memulai pembuatan aplikasi android ada beberapa Persyaratan yang harus sudah terpenuhi
-  Eclipse, ADT (Android Development Tool) dan android-SDK sudah terinstall
-  Android Virtual Device berhasil di run

Dalam pembuatan aplikasi ini, saya mengambil contoh untuk membuat aplikasi sebagai penganti tasbih dengan menggunakan Eclipe Java EE, serta Androis SDK sebagai emulatornya, aplikasi ini sederhana, namun bisa bermanfaat jika lupa membawa tasbih.

Saya menggunakan API Level 8 atau android versi 2.2, karena sangat mudah dalam menjalankannya.

 



Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Tahap Perkuliahan ke-11: DTKJ201 Pemrograman Aplikasi Android ( Aplikasi Android Sederhana) - 1
Tahap Perkuliahan ke-11: DTKJ201 Pemrograman Aplikasi Android ( Aplikasi Android Sederhana) – 2
Tahap Perkuliahan ke-11: DTKJ201 Pemrograman Aplikasi Android ( Aplikasi Android Sederhana) – 3
Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Dalam video tutorial ini, dijelaskan cara mengenai:

Cara membuat aplikasi android sederhana, menggunakan eclipse dan android emulator, dalam video tutorial ini dijelaskan cara pembuatan aplikasi tasbih yang diberi nama Dzikir.

Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
Tahap Perkuliahan ke-11: DTKJ201 Pemrograman Aplikasi Android ( Aplikasi Android Sederhana) - 1
Tahap Perkuliahan ke-11: DTKJ201 Pemrograman Aplikasi Android ( Aplikasi Android Sederhana) – 2
Tahap Perkuliahan ke-11: DTKJ201 Pemrograman Aplikasi Android ( Aplikasi Android Sederhana) – 3


No comments:

Post a Comment