Thursday 14 March 2013

Laporan Aktifitas Belajar mengatur proxy di browser IE, cara mengatur IP statik & dinamik pada network interface Debian dan cara mengatur Network Adapter VirtualBox


Tahap Perkuliahan ke-5: D1TKJ103

Laporan Aktivitas Belajar

NamaLengkap
:
Muhammad Nur Rohim
No. Registrasi
:
1108261324
Alamat email
:
nurkarangagung74@gmail.com
Opsi
:
APL
TahapPerkuliahan
:
ke-5: D1TKJ103
USBJJ
:
SMKN 1 Tanjung Selor

Aktivitas Belajar Mandiri


Di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada tahap perkuliahan ke-5, pada tanggal 11 - 17 Maret 2013, mahasiswa diberi tugas untuk menjelaskan cara setting proxy pada browser linux debian, setting IP Address, serta cara Setting network adapter pada mesin virtual box.
Adapun sumber tugas ini saya daptkan dari elearnig,
Di elearning tersebut terdpat panduan untuk menyelesaikan tugas ini yaitu berupa video tutorial,perlahan-lahan saya pelajari bersama teman kelompok saya sehingga saya bisa menyelesaikan tugas pada tahapan ini.

Di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Tanggal 14 maret 2013 diadakan kuliah tambahan di USBJJ SMK Negeri 1 TanjungSelor, materi yang di berikan berupa panduan cara menyelesaikan tugas pada tahap ke-5 ini

Di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
1.         Proses pemahaman video tutorial yang cukup lama karena video tersebut menggunakan bahasa inggris
2.         Saya masih awam dalam penggunaan linuxdebian
3.         Jaringan internet yang susah untuk di daerah saya

Rangkuman Materi Perkuliahan

Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada Tahap Perkuliahan ke-5 mahasiswa diajarkan bagaimana cara mengatur :
1.    Proxy pada browser linux debian
2.    IP Address (meliputi IP Static dan IP Dinamic)
3.    Network adapter pada virtualbox
Langkah-langkah mengatur proxy :
Applikasi -internet iceweaselwebbrowser
Pada tampilan iceweseal webbrowser pilih Advance lalu pilih Networksetting
Di situ kita klik manual proxy lalu masukkan http proxy sesuai yang kita inginkan lalu ok.

Langkah-langkah mengatur Ip address :
Kita masuk dulu ke applikasi terminal lalu kita masuk ke home dengan memasukkan perintah su lalu masukkan pasword.
Selanjutnya kita check ethernet mana yang kita gunakan apakah menggunakan eth0 atau eth1 dengan memasukkan perintah: ifconfig –a|more lalu tekan enter
Selanjutnya setting IP Static dengan memasukkan perintah :
Pico /etc/network/interfaces enter
Setelah di tmpilkandibawah auto eth
Bisa kita masukkan ipstatic yang kita inginkan
Lalu jika sdah selesai tekan control + x  lalu ketik y untuk menyimpan perubahan. Setelah tersimpan bisa kita merestart jaringan dengan memasukkan perintah :
/etc/init.d/networkingrestart enter.
Selanjutnya bisa juga setting IP Dinamic (dhcp) caranya sama seperti tadi, pada tampilan di bawah auto eth yang tadinya bertuliskan static kita ubah menjadi dhcp.lalu tekan control + x y untuk menyimpan perubahan. Selanjutnya merestart jaringan sama seperti yang sebutkan di atas.
Untuk memastikan apakah kita sudah mendapatkan IpAddress yang kita buat tadi, kita bisa mengeceknya dengan cara mengeping ,
Pada Commond Prompt (cmd) kita ketikkan ping ifconfig (catatan:IP yang telah kita buat).lalu enter,jika pengaturan kita benar maka akan di tampilkan reply-reply.

Langkah-langkah setting network adapter pada virtualbox:
Alihkan pada mesin debian yang telah kita buat lalu pilih settingnetwork selanjutnya pilih bridged adapter pastikan cable connectednya tercheck lalu ok.

Video Dokumentasi

Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.

Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.

Kolom di bawah ini berisi link yang menampilkan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.


No comments:

Post a Comment