Monday 4 March 2013

Tahap Perkuliahan Ke - 4 DTKJ103

Nama Lengkap
:
WAWAN SARWANI
No. Registrasi
:
1108261344
Alamat email
:
wa1gokill@gmail.com
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
4 -DTKJ103
USBJJ
:
SMK Negeri 1 Tanjung Selor

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada tahap perkuliahan 4 dimulai pada tanggal 4 – 9 Maret 2013, Mahasiswa diberikan tugas untuk menjelaskan perintah dasar pada linux, minimal 10 perintah. Pada pagi hari, saya membuka elearning path dan tugas baru telah siap untuk dipelajari, dengan meng download video yang diberikan, saya mempelajari dengan seksama dan perlahan, karena materi linux merupakan materi yang baru dan sangat awam bagi saya, dengan mencari referensi yang ada pada internet saya perlahan memahami tugas yang diberikan
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Perkuliahan rutin dan perkuliahan tambahan yang dilakukan pada USBJJ SMK Negeri 1 Tanjung Selor pada minggu sebelumnya tidak dapat saya hadiri karena ada keperluan yang tidak dapat ditinggalkan, namun saya tetap mencari informasi melalui teman – teman di USBJJ tentang materi yang disampaikan oleh instruktur, sehingga saya dapat mempelajari kembali materi yang diberikan.

Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
·         Masih awam menggunakan linux
·         Perintah yang digunakan banyak menggunakan istilah asing
·         Waktu yang dimiliki untuk mengerjakan tugas.

Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Tahap Perkuliahan 4 mahasiswa diajarkan mengenai cara penginstalan OS linux (debian), dalam tahap perkuliahan ini banyak sekali pelajaran yang didapat, dari penginstalan OS sampai pengunaan terminal dan perintah dasar linux program bisa dipahami dan dimengerti oleh mahasiswa.
Dari pencarian referensi tentang linux diinternet banyak sekali materi yang bisa kita pelajari, materi tahap perkuliahan ini juga membuat kita mengerti dan memahami tentang linux, dimana kita selama ini hanya familiar dengan penggunaan windows sebagai operating system, dan linux yang selama ini dianggap susah dalam penggunaannya bisa digunakan sebagai operating system yang bagus, selain gratis, juga banyak pengembangan yang dilakukan.
Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Dalam video tutorial ini, dijelaskan cara mengenai perintah Dasar Linux seperti :
1.         Directory Aktif
2.         Melihat Folder Home
3.         Melihat Secara Lengkap
4.         Membuat Folder
5.         Merubah Nama Folder
6.         Menghapus Folder
7.         Masuk Ke Diretory Folder
8.         Melihat Date
9.         Merubah Date
10.        Melihat Calender
11.        Command History
12.        Melihat Explorer
13.        Melihat Kapasistas Hardisk
14.        Melihat Nama Login
15.        Melihat Hardware
16.        Extract File Tar
17.        Melihat Jaringan
18.        Melihat Host Nama
19.        Masuk Ke ROOT
20.        Untuk Restart
21.        Membersihkan Layar
22.        Mematikan Komputer
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.

No comments:

Post a Comment