Saturday 16 March 2013

Tahap Perkuliahan Ke-5


Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Rubiah
No. Registrasi
:
1108261336
Alamat email
:
Rubiahrubi273@gmail.com
Opsi
:
Aplikasi Perangkat Lunak
Tahap Perkuliahan ke-
:
Ke – 5
USBJJ
:
SMK Negeri 1 Tanjung Selor

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada tahap perkuliahan ke -5  dimulai pada tanggal 11 – 16 Maret 2013. Mahasiswa diberikan tugas untuk menjelaskan cara setting proxy pada browser yang ada pada linux, cara setting network adapter oracle virtualbox machine serta cara setting ip static dan dinamik pada linux debian, saya mempelajari materi ini melalui video tutorial dan juga mencari refrensi dari buku-buku dan internet, dan perlahan-lahan mengerjakan tugas ini.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada tahap perkuliahan ke 5 ini USBJJ mengadakan kuliah tambahan pada tanggal 14 maret 2013 atau tepatnya pada hari kamis, di dalam perkuliahan tambahan ini instruktur menjelaskan cara mengkonfigurasi IP address secara staic maupun Dinamic melalui video tutorial.
Pada tanggal 16 maret perkuliahan diadakan, mahasiswa kembali diberi penjelasan mengenai konfigurasi IP juga setting proxy pada webrowser.

Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
·         Akses keinternet kurang memadai


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada Tahap Perkulihan Ke-5 Mahasiswa diberikan materi mengenai menyetting proxy pada webrowser yang terdapat pada linux, konfgurasi IP Static dan Dinamic serta konfigurasi Network adapter yang terdapat pada Oracel virtualbox. Pada tahap ini saya dapat mengetahui:
1.    Cara menyettinng proxy pada Linux
2.    Cara Konfigurasi IP berbasis Teks
3.    Cara Mengkonfigurasi network adapter pada oracle virtualbox
Dari Materi ini saya mendapatkan referensi dari video tutorial, dan juga referensi dari internet



Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.


Kolom di bawah ini meru pakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Dalam video tutorial ini saya menjelaskan mengenai 3 (tiga) materi.
1. Menjelaskan Cara Mengatur/setting Network Adapter Pada VirtualBox

2. Menjelaskan Cara Mengatur IP Static & Dinamis Berbasis Text
Saya Menggunakan Layar Hitam Atau yang biasa disebul dengan consol dengan menekan   tombol Ctrl +  Alt + F1.

3. Menjelaskan Cara Mengatur Proxy menggunakan Web Browser yang terdapat di OS Linux.


http://youtu.be/Ctjc0n1Mw3k

No comments:

Post a Comment