Wednesday 6 March 2013

Laporan Aktivitas Belajar Tahap Perkuliahan Ke – 4 ( Perintah Dasar Pada Linux Debian)



Tahap Perkuliahan Ke – 4 ( Perintah Dasar Pada LinuxDebian)

Laporan Aktivitas Belajar

NamaLengkap
:
Muhammad Nur Rohim
No. Registrasi
:
1108261324
Alamat email
:
nurkarangagung74@gmail.com
Opsi
:
APL
TahapPerkuliahan
:
Ke – 4 ( Perintah Dasar Pada LinuxDebian)
USBJJ
:
SMKN 1 Tanjung Selor

Aktivitas Belajar Mandiri


Di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Tahap perkuliahan ke-4 ini dimulai pada tanggal 4 – 9 Maret 2013, mahasiswa diberikan tugas  mengenai Penggunaan dan fungsi dari perintah-perintah dasar linux pada aplikasi terminal. Adapun sumber tugas ini saya dapatkan dari elearning.

Di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada tahap perkuliahan ini di USBJJ diadakan kuliah tambahan yang jatuh pada tanggal 5 maret 2013. Pada tahap ini instruktur memberikan materi tambahan yang berkenaan dengan tugas pada tahap perkuliahan ini, yaitu Menjelaskan minimal 10 perintah dasar linux.
Tanggal 6 maret  2013 diadakan kuliah tambahan oleh asisten dosen yang membahas soal latihan Tentang Algoritma Pemrograman.

Di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
·         Proses pembuatan video yang diminta, karena saya tidak mempunyai laptop sendiri.
·         lskk-elearning sering down,jadi menghambat dalam proses pengumpulan tugas pada elearning.

Rangkuman Materi Perkuliahan

Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada tahap perkuliahan ke-4 ini mahasiswa di ajarkan mengenai perintah-perintah dasar pada linuxDebian. Disini saya memahami cara menjalankan perintah software seperti :
·         Menjelaskan perintah dasar linuxdebian
·          Menjalankan perintah dasar tersebut pada aplikasi terminal
·         Mengetahui cara menjalankan perintah berbasis teks.


Video Dokumentasi

Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.



Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Video ini menyebutkan beberapa perintah dasar pada linux debian serta fungsi dari perintah-perintah tersebut.
Pertama-tama buka menu applikasiàaccessoriesàterminal
Berikut perintah-perintah dasar pada linux debian:
Date : menampilkan tanggal dan waktu pada saat ini
Cal : menampilkan kalender pada bulan ini
Su : untuk masuk sebagai root
Sudo reboot : untuk merestart
Sudo shutdown –h now : mematikan computer
Nautilus : menampilkan Explorer .
Df –h : menampilkan kapasitas harddisk yang kita gunakan
Mkdir : membuat directory
Ls : menampilkan directory yang sedang aktif
Rm : menghapus directory
Cp : untuk mengcopy
History : melihat data yang telah terhapus

Kolom di bawah ini berisi link yang menampilkan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.





No comments:

Post a Comment