Saturday 9 March 2013

tugas tahap 4(perintah pada linux) sumiati



Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Sumiati
No. Registrasi
:
1108261338
Alamat email
:
Sumiatisumi76@gmail.com
Opsi
:
System jaringan dan website
Tahap Perkuliahan ke-
:
4 (perintah pada linux)
USBJJ
:
SMKN 1 TANJUNG SELOR

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Perkuliahan tahap ke – 4 dimulai pada tanggal 4 Maret 2012, pada tahap ini mahasiswa D1 diberikan tugas melalui elearning yaitu menjelaskan perintah – perintah pada linux. Dielearning mahasiswa mendapatkan panduan belajar berupa video tutorial yg menjelskan cara menginstal debian dan menjelaskan perintah pada linux.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Perkuliahan di USBJJ dilaksanakan pada tanggal 5 merupakan waktu tambahan, disini instruktur menjelaskan bagaimana cara menginstal debian, pada 6-7 diadakan lagi perkuliahan tambahan yang dibimbing langsung oleh dosen Ibu Aciek dan Ibu Lis. Pada tanggal 9 Maret 2012 adalah perkulihan rutin .
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
·           Gak punya leptop sendiri
·           Linux merupakan pelajaran baru bagi saya
·         Jaringan internet tidak memadai

Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Perkuliahan tahap ke 4 ini saya mendapatkan pelajaran dan wawan baru, dimana saya mengerti bagaimana cara menginstal debian dan perintah – perintah pada linux. Saya belajar melalui video yang diberikan pada elearning, mencari meteri di internet dan belajar serta bertanya pada teman-teman mahasiswa lainnya . dan saya akhirnya bisa menginstal debian dan mengerjakan tugas tahap ke 4 saya.


Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.


Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Pada video tutorial saya , saya menjelaskan perintah-perintah dasar pada linux
   rlogin
menghubungkan anda ke komputer lain.
·         Xinit
Menjalankan window server.
·         Gimp
·    Program photoshop.
·         Man topic
Menampilkan daftar sistem manual pages ( help )sesuai dengan topic.
·         Pwd
Melihat direktori kerja saat ini.
·         Date
Merubah tanggal dan waktu pada komputer.
Time
Berfungsi melihat waktu yang ditangani untuk penyelesaian suatu proses
·        Who
berfungsi melihat user yang login pada komputer kita
·         Last
Berfungsi melihat user sebelumnya yang telah login dikomputer.
·         Ps
Melihat proses-proses yang dijalankan oleh user
·         Top
Melihat proses yang berjalan,dengan urutan pengguna cpu
·         Free
Informasi memory ( dalam kilobytes )
·         Df-h
(=dis free )melihat informasi pemakaian disk untuk setiap direktory,dimulai dari root
·         Set
Melihat enfiromen dari user yang aktif
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.


No comments:

Post a Comment