Sunday 31 March 2013

Tahap Perkuliahan 5

LAPORAN AKTIVITAS BELAJAR
Nama Lengkap
:
ASHADI
No. Registrasi
:
1108251304
Alamat email
:
Opsi
:
sistem jaringan – website
Tahap Perkuliahan ke-
:
5 (DTKJ104) Sistem Operasi Linux
USBJJ
:
SMKN 1 TANJUNG SELOR


Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Setelah selesai di beri materi di USBJJ SMKN 1 TANJUNG SELOR, mengenai tentang cara mengerjakn tugas – tugas yang ada. Lalu saya berusaha mengerjakn tugas walaupun materi yang saya pelajari belum paham betul.tetapi saya harus berusaha untuk mengerjakn sebisa mungkin.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
  •  Pada Tanggal 14 Maret 2013,di USBJJ SMKN 1 TANJUNG SELOR. Kami di beri materi cara mengerjakan tugas yang ada di elearning.
  • ØPada Tanggal 16 Maret 2013, di USBJJ SMKN 1 TANJUNG SELOR. Pertemuan yang kedua kami membahas tentang Tugas di elearning bagaimana cara seting network adapter virtualbox,setting IP adress dan setting proxy di IE linux debian.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
  • ·          Kurangnya fasilitas internet dalam mengerjakn tugas ini
  • ·          Kurangnya Pengetahuan saya mengenai linux debian
  • ·          Laptop yang saya gunakan kurang mendukung



Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Perkulihan ini masih membahas tentang sistem operasi linux, yang kita bahas saat ini mengena : cara setting network adapter VirtualBox,setting IP Adress dan setting proxy di IE linux debian.
Pertama :
1.    Membuka VirtualBox,
  •   Klik Setting,lalu pilih Network kemudian pilih adapter 1,lalu
  •   Klik Enable Network Adapter,kemudian memilih bridge adapter lalu mengisi name sesuai kabel yang kita gunakan.
  • Klik advanced,lalu pilih adapter type yang kita gunakan,kemudian untuk mac address kita tidak akan mengubahnya, kalau sudah klik OK.
Kedua :
2.    Menjalankan Linux Debian
a.    Pertama : Mengatur IP address di linux debian
  • Klik Show buat masuk di linux debian,ketika sudah masuk kemudian,
  • Klik aplikasi,lalu aksesoris kemudian pilih terminal buat masuk untuk menjalankan program di dalamnya. 
b.    Kedua : setting proxy di linux debian
  •   Klik aplikasi,lalu memilih internet. Kemudian pilih iceaweasel web browser.
  •  Klik edit,pilih preferences,kemudian
  • Klik advanced,pilih network. Kemudian klik setting, kemudian pilih manual proxy configuration.
 




               


Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
 1. gambar (screenshots) cara setting network adapter di VirtualBox pada tahap 1

2. gambar (screenshots) cara setting IP address dan setting proxy di linux debian pada tahap 2



Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.

1.       Cara setting network adapter VirtualBox pada tahap video 1
Saya bisa memahami bagaimana cara setting network adapter  di VirtualBox walaupun tanpa terhubung di internet, selanjutnya

2.       Cara setting IP address dan setting proxy di linux debian pada tahap video 2
Pada tahap video 2 ini saya bisa membuat IP address dan setting proxy di linux debian walaupun saya tidak terhubung internet sama sekali,tapi saya akhirnya bisa juga membuatnya dan menceknya.dan IP address saya buat seperti :

Address 192.168.10.150
Netmask 255.255.255.0
Broadcast 192.168.10.200
Gateway 192.168.10.230

Dan DNS SERVER :
Name server 202.134.10.30
Name server 202.134.30.60
 

Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
Link : cara setting network adapter di VirtualBox pada tahap video 1
http://youtu.be/MQ7qNuO33SQ
Link : cara setting IP address dan setting proxy di linux debian pada tahap video 2

http://youtu.be/Ff6hJvxorLM

No comments:

Post a Comment