Friday 22 February 2013

Laporan Aktifitas Belajar Tahap Perkuliahan ke2 (cara instalasi windows7 melalui virtualbox serta cara menggunakannya)


Tahap Perkuliahan ke-2: D1TKJ Sistem Operasi Windows7 Melalui VirtualBox

Laporan Aktivitas Belajar

NamaLengkap
:
Muhammad Nur Rohim
No. Registrasi
:
1108261324
Alamat email
:
nurkarangagung74@gmail.com
Opsi
:
APL
TahapPerkuliahan
:
Ke-2: D1TKJ Sistem Operasi Windows7 Melalui VirtualBox
USBJJ
:
SMKN 1 Tanjung Selor

Aktivitas Belajar Mandiri


Di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada tahap perkuliahan 2 dimulai pada tanggal 18 Februari – 23 Februari 2013, mahasiswa diberi tugas untuk menjelaskan cara instalasi windows7 menggunakan virtualbox, software yang saya gunakan adalah versi VirtualBox-4.0.2-69518-Win yang saya dapatkan dari temanPada tahapan ini mahasiswa di beri petunjuk cara instalasi windows7 menggunakan virtual box,berupa Video Tutorial.

Di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Tanggal 16 februari 2013 kuliah rutin yang dilaksanakan pada USBJJ SMK Negeri 1 Tanjung Selor, materi yang diberikan adalah cara instalasi virtualbox dan instalasi windows7 dengan virtual box,serta Pemberian video tutorial yang berkaitan dengan materi pada tahapan kuliah ini oleh instruktur.

Di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada proses pembuatan video, saya sempat bingung bagaimana cara membuat video yang benar,namun setelah saya tanykan kepada teman,saya sedikit mengerti lalu saya bisa menyelesaikan tugas pada tahapan perkuliahan ke2 ini


Rangkuman Materi Perkuliahan

Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada Tahap Perkuliahan ke-2, mahasiswa diajarkan mengenai cara menggunakan software virtual box sebagai virtual machine untuk system operasi dimana yang menjadi contoh adalah system operasi windows, dari perkuliahan ini saya memahami tentang :
a.     Instalasi virtual box serta menggunakannya
b.    Instalasi Sistem Operasi windows 7


Video Dokumentasi

Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.


Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Pada video tutorial ini menceritakan langkah-langkah proses instalasi Windows7 melalui mesin virtualbox dari awal hingga selesai, sebelumnya saya membuat mesinnya pada virtualbox lalu setelah terbentuk saya lakukan settingan hingga proses selesai, selanjutnya memasuki proses instalasinya, setelah selesai saya lakukan settingan tanggal dan waktu, selanjutnya windows 7 sudah siap digunakan.
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilkan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.





No comments:

Post a Comment