Sunday 10 February 2013

tugas perkuliahan tahap 1a - 1c



Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
SUMIATI
No. Registrasi
:
1108261338
Alamat email
:
Opsi
:
Sistem jaringan dan wabsite
Tahap Perkuliahan ke-
:
1 (a) – 1 (c)
USBJJ
:
SMK NEGERI 1 TANJUNG SELOR

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Perkuliahan 1 (a) Pembukaan kuliah perdana pada tanggal 5 Januari 2013 dilakukanolehDr.Ir.Aciek Ida Wuryandari, penjelasan tentang program USBJJ serta motivas untuk menyemangati mahasiswa dalam menjalankan perkuliahan, tanggal 7 januari 2013 merupakan materi dasar perkuliahan dan mengakses melalui http://elearning.lskk.ee.itb.ac.id , registrasi via email, serta mendownload dokumen atau materi yang diperlukan, materi yang diberikan adalah memberi SEMANGAT SERTA MOTIVASI PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM MENGIKUTI PROGRAM D1

Tahap Perkuliahan 1 (b) Perkuliahan  ini  dimulai pada  tanggal  14  januari  2012,  dengan  melihat  materi  yang  diberikan  tentang  cara  setting  pada  software  camstudio  serta  mengunduh,  software dan  video  yang  dibutuhkan  dalam  proses pembelajaran,  tanggal  15  januari  2012  memulai  proses  pembuatan  video  tutorial  seperti  yang  dicontohkan, dengan menyiapkan bahan – bahan yang nantinya akan ditampilkan pada video tutorial
Materi Seamolec Blender Ganesha D1 Pada bagian ini mahasiswa diberi tugas mengenai pembuatan suatu karakter menggunakan aplikasi blender, pada tugas yang menggunakan aplikasi blender ini saya membuat animasi robot yang bernama bakungan, robot ini pertama berbentuk bola dan ketika berubah akan membetuk robot atau bnetuk hewan besan seperti naga.


Tahap Perkuliahan 1 (c) Dalam tahap perkuliahan ini dimulai pada tanggal 29 Januari 2013, dikarenakan materi baru dapat diakses setelah adanya perbaikan server yang mengalami ganguan dari tgl 25 Januari 2013. Pada tahap perkuliahan ini mahasiswa diberi tugas membuat portofolio perkuliahan dari tahap 1(a) – 1 (c)








Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.

Tahap Perkuliahan 1 (a) Perkuliahan dilakukan pada hari sabtu tanggal 12 januari 2013, instruktur menjelaskan tentang akses dan menu-menu yang terdapat  pada  elearning dan setiap mahasiswa PROGRAM D1 dapat membukanya di blog masing –masing yang telah disediakan dan saya sendiri  belum sepenuhnya mengetahui cara mengkasesnya. Pada tahap ini, instruktur juga memberikan dukungan atau motivasi  seperti menjelaskan cara penyelesaian masalah tugas-tugas yang diberikan untuk mahasiswa, dan juga instruktur  menyediakan asilitas pendukung mahasiswa dalam melakukan perkuliahan.


Tahap Perkuliahan 1 (b) Perkuliahan dimulai pada tanggal 14 januari 2013 melalui elearning, materi yang diberikan adalah pembuatan video dokumentasi menggunakan software camstudio, serta materi seamolec ganesha D1, perkuliahan dilanjutkan tanggal 19 jan 2013 dengan penjelasan dari instruktur tentang cara penggunaan aplikasi camstudio dan blender. Diadakan perkuliahan tambahan tanggal 23 jan 2013 oleh instruktur karena masih banyak mahasiswa yang belum memahami tugas yang diberikan. Tanggal 26 januari 2013 materi yang diberikan adalah penjelasan lanjutan mengenai penggunaan aplikasi blender. Yang diberikan oleh instruktur USBJJ SMK Negeri 1 Tanjung Selor.

Tahap Perkuliahan 1 (c) Perkuliahan dimulai pada tanggal 29 januari 2013 melalui elearning, karena server elearnig mengalami gangguan dari tanggal 25 januari 2013 sehingga untuk materi 1 (b) belum bisa di selesaikan melalui elearning. Tanggal 29 januari 2013 diadakan perkuliahan tambahan, instruktur menjelaskan cara penulisan pada blog yang telah disediakan oleh USBJJ SMK Negeri 1 Tanjung Selor.
Video Dokumentasi

Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
 
ü   Saya tidak memiliki laplop atau kmputer sendirisehingga selit untuk mengerjakan tugas
ü  Kurang mengertinya saya menggunakan aplikasi blender
ü  Kurangnya pengetahuan untuk mengakses tugas secara online
ü  Jauh dari teman-teman yang mengikuti program perkuliahan sehingga sulit untuk mengerjkan tugas bersama-sama
          ü  Terbiasanya menggunakan browser lain, sehingga belum mengetahui kalau yang digunakan untuk    elearning menggunakan browser safari





Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Rangkuman materi kuliah 1(a)
Sikap dan perilaku yang mandiri, tidak selalu bergantung pada orang lain dalam hidup keseharian, terutama dalam mencari ilmu.

Ada 3 hal pentingdalammengubahdiri  menujubudayamandiri :
1.    Motivasi
2.    Karakter
3.    Kebersamaan

Motivasi :
Motivasiadalah proses yang menjelaskanintensitas, arah, danketekunanseorangindividuuntukmencapaitujuannya

·         Saya ingin mempelajari bidang IT pada program D1,  dikarenakan saya belum pernah mempelajari IT ini lebih dalam waktus ekolah.
·         Karena peluang kerja di bidang IT ini masih banyak Apalagi di daerah Kalimantan khususnya Bulungan dan sekitarnya. Dengan adanya Progam D1 ITB yang berada di tanjung selor ini memungkinkan lulusan tenaga kerja yang kompeten dalam bidang IT.
·         Saya ingin lebih mengerti tentang program-program computer dan cara penggunaannya. Disini saya ingin belajar bagaimana cara mengistal computer dan laptop terkena virus.
·         Computer adalah barang yang mungkin harus atau wajib dimiliki untukmenujang cara belajar atau aktivitas lainnya agar lebih mudah.

Karakter :pada intinya bertujuan membentuk kepribadian, dimana lingkupnya adalah : OlahHati, OlahPikir, Olah Rasa/Karsa. Olah Raga.

Padamateriinimahasiswadiberitugasmembuatkegiatangeneriksebelummengikutikuliah, adapaunkegiatangenerik yang dimaksudadalah :

JAM                      KEGIATAN
05.05 – 05.15    Bangun, RapikanTempatTidur
05.15 – 05.25    Sholat
05.25 – 06.00    Nonton acara tausiah pagi
06.00 – 06.30    menyiapkan sarapan dan menyiapkan peralatan sekolah adik
06.30 – 07.00    Mandi dan Sarapan
07.00 – 07.30    bersiap-siap berangkat kerja,dan Berangkat kerja
07.30 – 12.00    bekerja
12.00 – 13.00    Istirahat, makan siang dan Sholat
13.00 – 17.10    bekerja dan pulang
17.10 – 17.20    Sholat,
17.20 – 18.10    beres-beres rumah, masak dan mandi
18.10 – 18.30    sholat
18.30 – 20.30    Makan malam dan mengajar adik belajar
20.30 – 21.15    Sholat dan mengaji
21.15 – 22.00    Ngumpul bareng keluarga dan Nonton tv
22.00 – 05.05    tidur malam

KegiatangeneriksetelahmengikutiperkuliahanadalahSbb:
JAM                               KEGIATAN
04.45 – 05.05   Bangun, Baca buku,Rapikan tempat tidur
05.05 – 05.30    Sholat, dan nonton acara tausiah pagi
05.30 – 06.00    Membuat sarapan, dan beres –beres rumah
06.00 – 06.10    Mengurus segala kebutuhan adik untuk sekolah
06.10 – 07.30    mandi ,sarapan , mengantar adik sekolah dan berangkat kerja
07.30 – 12.00    bekerja sambil belaja rmateri kuliah (saat waktu kosong)
12.00 – 13.00    Istirahat, makan siang dan Sholat
13.00 – 16.30    bekerja dan belajar meteri kuliah
16.30 – 17.20    Sholat, siap-siap pulang kerja dan pulang kerja
17.20 – 18.25    beres-beresr umah, masak dan mandi
18.25 – 18.35    sholat
18.35 – 20.45    Makan malam dan mengajar adik belajar
20.45 – 21.30   Sholat dan mengaji
21.30 – 22.30    Nonton tv
22.30 – 23.30    belaja rmateri kuliah
23.30 – 04.45    tidur malam dan bangun

Kebersamaan :Mengeja arti sebuah kebersamaan dalam menjalin sebuah hubungan. Entah dengan keluarga, persaudaraan, persahabatan atau pun dengan pasangan. Kebersamaan menjadi suatu hal penting dalam membina sebuah hubungan. Jelas kita tak pernah bisa benar-benar hidup sendir idalam kehidupan ini. Kita tidak bisa menjadi manusia yang egois, yang merasa bisa melakukan segalanya sendirian, yang merasa tak membutuhkan orang lain.
Kehidupanadalah sebuah siklus sebab akibat. Berbuat baik, saling berbagi dalam kebersamaan, menjalin sebuah hubungan yang positif itu pilihannya. Siapa yang menanam padi pastiakan tumbuh padi bukan?
Sebuah kebersamaan juga tidak bisa dipaksakan. Meskipun ada hubungan timbal balik, seperti sebuah simbiosis tapi atas dasar kerelaan . Karena dalam menjalin sebuah hubungan social kita harus belajar bagaimana penting nya saling memahami, mau mendengar, mau berbagi dan mau untuk peduli. Karena dengan begitu kita akan bisa memaknai sebuah kebersamaan. Kebahagiaan dalam sebuah kebersamaan adalah ketika bahagia dengan kebersamaan itu sendiri Artinya hubungan yang terjalin adalahs ebuah kebaikan.
Adapun rencana atau jadwal belajar dalam mengikuti perkuliahan adalah dengan melihat materi serta tugas yang diberikan dari elearning, mencari referens itugas yang diberikan, serta mempelajari dengan baik materi dan tugas yang diberikan, dan mendiskusikan dengan mahasiswa yang lainnya.

Rangkuman Materi Perkuliahan 1 (b)

Materi pada perkuliahan ini antara lain :
-  Pengenalan software camstudio
-  Cara setting standar camstudio
-  Cara pembuatan video tutorial
-  Menjelaskan mengenai infrastruktur jaringan pada suatu kantor/sekolah
-  Menjelaskan mengenai fitur – fitur yang terdapat pada komputer/laptop
-  Menjelasakan fitur – fitur satu gadget (smartphone)
Pada materi ini saya banyak mengalami kendala sebab sayakurang  mengerti cara menginstal dan menggunakan aplikasi camstudio dengan baik dan benar.

Rangkuman Materi Perkuliahan 1 (c)

Tahap Perkuliahan 1 (c) mahasiswa diajarkan mengenai posting pada blog yang telah disediakan, juga menulis laporan aktifitas belajar dari tahap awal perkuliahan hingga sekarang
Video Dokumentasi saya adalah

1.pemaparan struktur jaringan pada komputer .
Pada pemaparan struktur jaringan internet pada computer saya menjelaskan tentang penggunaan modem. Modem adalahsingkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Cara menggunakan modem yaitu dengan cara menyambungkan USB yang ada pada modem ke leptop atau computer setelah itu , klik conec untuk mengkoneksikan jaringan untuk mengakses internet.
Setelah terkoneksi, untuk mengakses internet dapat mengunakan Mozilla firefox, Goolge Chrome.
2.pemaparan fitur-fitur koputer.
Disini saya menjelaskan fitur-fitur yang ada pada leptop merek asus.menjelaskan pengertian leptop ini sendiri dan fungsinya. Fitu-fitur yang ada seperti microsoft,game, photoscape, anti virus dan aplikasi-aplakinya. Saya menjelaskan fungsi dari fitur-fitur komputer.
3.pemaparan fitur-fitur pada gadget
Disini saya menjelaskan fitur-fitur yang ada pada handphone merek K-TOUCH TIPE D700, disini saya menjelaskan fungsi dari fitur-fitur yang ada pada handphone. Dan kelebihan dan kekurangan pada handphone saya.




Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
 1. video pemaparan infrastuktur jaringan pada komputer (dirumah, disekolah dan tempat kerja)
2.video pemaparan fitur-fitur pada leptop
3.video pemaparan fitur - fitur gadget (handphone)

Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
1. link pemaparan jaringan  : http://www.youtube.com/watch?v=70X7pZ4Wod4 
2.link pemaparan fitur-fitur komputer atau leptop : http://www.youtube.com/watch?v=bm3dYWygIN4
3.link pemaparan fitur-fitur handphone : http://www.youtube.com/watch?v=1E-37ckgAys



No comments:

Post a Comment