Monday 25 February 2013

Tahap Perkuliahan ke 1( a )



Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:                 
:
:
:
:
:
 Herlina muko koten
No. Registrasi
1108261312
Alamat email
Lina_adjja123@yahoo.com
Opsi
Sistem Jaringan dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
1 (a)- 1 (c )
USBJJ
SMK Negeri 1 Tanjung Selor

Aktivitas Belajar Mandiri  

Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Tahap Perkuliahan 1(a) Pembukaan kuliah perdana pada tanggal 5 Januari 2013 dilakukan oleh Dr.Ir. Aciek Ida Wuryandari, penjelasan tentang program USBJJ serta motivasi untuk menyemangati mahasiswa dalam menjalankan perkuliahan, tanggal 7 januari 2013 merupakan materi dasar perkuliahan dan mengakses melalui http://elearning.lskk.ee.itb.ac.id, registrasi via email, serta mendownload dokumen atau materi yang diperlukan, materi yang diberikan adalah PEMBENTUKAN MOTIVASI DAN KARAKTER PESERTA PROGRAM D1
Tahap Perkuliahan 1 (b) kuliah di mulai pada tanggal 16  januari dengan materi yang di berikan melalui elerning dengan cara melihat video tutorial yang yang ada pada elerning. Dan mulai proses pembuatan pada video, pada toturial  seperti yang di contoh kan dengan menggunakan camstudio yang telah di unduh dan cara setting pada software.

 Tahap Perkuliahan 1(c) pada tanggal 30 perkulihaan ini di mulai karena ada masalah pada elerning  dan pada perkuliahan ini mahasiswa dapat tugas membuat portofolio tahap perkuliahan dari mulai 1(a)- 1(c).

Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini
.
Tahap Perkuliahan 1(a) Perkuliahan dilakukan pada hari sabtu tanggal 12 januari 2013, instruktur menjelaskan tentang akses dan menu-menu yang terdapat  pada  elearning.saya mendengarkan dan mengamati penjelasan dari instruktur  yang di laksanakan seminggu sekali pertemuannya pada setiap hari  sabtu.
Tahap Perkuliahan 1 (b) perkulihan di mulai pada tanggal 13 januari dengan melihat materi pada elearning dengan tugas membuat video dokumentasi yang menggunakan camstudio , seperti yang ada pada contoh toturial yang di berikan.
Tahap Perkuliahan 1(a) pada tanggal 30 januari 2013 di mulai perkulihan setelah elearning mengalami ganguan, jadi tugas 1(b) yang di berikan belum dapat di selesai kan, dan pada tanggal 31 di adakan kuliah tambahan , instruktur menjelaskan lagi  cara penulisan pada blog yang benar yang di sedikan oleh USBJJ SMK Negeri 1 Tanjung Selor.

Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
·         Kurangnya akses internet yang sangat lambat
·         Kurangnya pengetahuan saya dibidang  camstudio
·        Kurangnya pengetahuan saya dibidang pembuatan blender


 

Rangkuman Materi Perkuliahan

Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Rangkuman Materi Perkuliahan 1(a) Sikap dan perilaku yang mandiri, tidak selalu bergantung pada orang lain dalam hidup keseharian, teruma dalam mencari ilmu. Yang kita  dapat kan

Ada 3 hal penting dalam mengubah diri  menuju budaya mandiri :
1.    Motivasi
2.    Karakter
3.    Kebersamaan

Motivasi : merupakan gerak jiwa dan jasmani untuk berbuat atau. menggerakkan manusia untuk bertingkahlaku. Dan di dalm perbuatannya itu mempunyai tujuan tertenu.

1.      Menambah wawasan dan kegiatan belajar
2.      Menambah ilmu pengetahuan

Karakter : pada intinya bertujuan membentuk kepribadian, dimana lingkupnya adalah : Olah Hati, Olah Pikir, Olah Rasa/Karsa. Olah Raga.

Pada materi ini mahasiswa diberi tugas membuat kegiatan generik sebelum mengikuti kuliah, adapaun kegiatan generik yang dimaksud adalah :

JAM                      KEGIATAN
05.00-05.15      Bangun tdr dan merapikan tempat tdr
05.20-06.00      Membuat sarapan pagi dan mandi pagi
07.00-07.30      Siap2 berangkat kerja
07.30-17.00      Kerja
17.00-17.15      Perjalanan pulang kerumah
17.30-18.00      Istirahat  dan mandi
19.00-20.00      makan malam dan    Nonton TV
20.00-20 20      Merapikan dapur dan cuci piring
20.30-21.00       lipat cucian
21.05-05.00      Tidur mlm dan bangun tidur

Kegiatan generik setelah mengikuti perkuliahan adalah Sbb:

JAM                               KEGIATAN
05.00-05.15      Bangun tdr dan merapikan tempat tdr
05.20-06.00      Membuat sarapan pagi dan mandi pagi
07.00-07.30      Siap2 berangkat kerja
07.30-17.00      Kerja   dan belajar jika ada waktu yang luang
17.00-17.15      Perjalanan pulang kerumah
17.30-18.00      Istirahat  dan mandi
18.00-19.00      Nonton TV  dan makan malam
19.00-20.30      belajar membuat tugas yang di berikan
20.30-21.00      Mencuci piring dan lipat cucian
21.05-05.00      Tidur mlm dan bangun tidur

Kebersamaan : Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Manusia membutuhkan kebersamaan dalam kehidupannya. dalam hal ini adalah kesepakatan  belajar bersama – sama,   dengan hasil yang tentu tidak perlu sama dalam menyelesaikan  tugas yang diberikan.

Adapun rencana atau jadwal belajar dalam mengikuti perkuliahan adalah dengan melihat materi serta tugas yang diberikan dari elearning, mencari referensi tugas yang diberikan, serta mempelajari dengan baik materi dan tugas yang diberikan, dan mendiskusikan dengan mahasiswa yang lainnya. Apa bila ada yang kurang di mengerti dalam mengerjakan nya.

Rangkuman Materi Perkuliahan 1(b) Materi yang di berikan pada tahap  perkuliahan adalah tentang camstudio, cara setting camstudio, membuat video tutorial memjelaskan fitur-fitur pada computer/leptop, jaringan, dan gadget dalam tahap perkulihan dengan mengunakan camstudio yang telah di setting, dan mulai buat vudio sesuai dengan tutorial yang ada.
Rangkuman Materi Perkuliahan 1(c) mahasiswa di minta membuat blog dan di ajarkan bagaimana posting pada blog  yang di sedikan , dan cara menulis laporan aktivitas belajar dari tahap awal sampai sekarang. Pada blog.
Video Dokumentasi ……..


fitur - fitur pada  jaringan
http://www.youtube.com/watch?v=3ronQ6JtgyI&feature=autoshare


fitur - fitur pada leptop
http://www.youtube.com/watch?v=qlLP0Aj79yc&feature=autoshare

Fitur-Fitur Pada Hp.



http://youtu.be/Jf2Rd0KN7LE





No comments:

Post a Comment