Monday 4 February 2013

Laporan Perkuliahan Tahap 1a

                  TUGAS 1 ( a )

  Laporan Aktivitas Belajar
  Nama Lengkap
:
TONI SUHARTONO
No. Registrasi
:
1108251322
Alamat email
:
Toni_tkj76@gmail.com
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Website 
Tahap Perkuliahan ke-
:
Perkuliahan 1 (a)
USBJJ
:
SMKN 1 TANJUNG SELOR

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
                  Saya belajar TKJ D1 ITB PVB di USBJJ Smk Negeri 1 Tanjung Selor Kabupaten Bulungan kalimantan Timur. Aktivitas belajar di USBBJJ di  laksanakan pada sore hari antara jam 15.00 – 18.00 WITA. . Perkuliahan pertama dilaksanakan pada tanggal 5 Januari 2013. Untuk perkuliahan pertama langsung buka oleh Ibu Dr.Ir. Acik Ida Wuryantari MT. Beliau adalah dosen yang datang langsung dari ITB . Selama Tahap Perkuliahan saya belajar secara mandiri di Ruang tata Usaha SMKN1 Tg. Selor. Di ruang tata Usaha ada koneksi Internet yang cukup bagus. Sehingga untuk bisa mengakses tugas –tugas sangat mudah. Saya belajar sendiri di Tata Usaha Antara sore atau malam hari. Pulang kantor langsung buka Internet. Mempelajari Tugas-tugas yang ada, kalau ada yang sulit atau enggak bisa saya mengerti baru saya tanya pada Instrukutr.  Kalau pada malam hari saya berusaha mencari bahan untuk saya pelajari yang ada kaitanya dengan tugas yang ada. Sehingga tugas yang diberikan dapat di selesaikan tepat waktu.

Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
                Saya belajar TKJ D1 ITB PVB di USBJJ SMK Negeri 1 Tanjung Selor Kabupaten  Pelaksanaan  belajar di lakukan di Ruang Lab. Multi Media milik SMK Negeri 1 Tanjng Selor. Perkuliahan di laksanakan pada hari Sabtu Sore. Selian itu ada juga hari yang lain sebagai tambahan. Yang kemrin telah dilakasanakan pada hari selasa dan kamis sore.  Selama perkuliahan banyak diberikan MOTIVASI oleh Instruktur. Untuk selalu semangat dalam mengerjakan tugas tugas yang ada. Dalam perkuliahan saya di ajari bagaimana cara menggunakan CamStudio. Mulai dari pengaturan sampai cara menggunakannya. Selain itu juga telah di ajarkan tentang Blender. Untuk materi yang satu ini memang boleh di bilang agak sulit, karena baru pertama mengenalnya. Banyak dari rekan rekan yang mengalami kesulitan termasuk saya juga.Diperlukan banyak latihan untuk bisa menguasai materi Blender.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
·         Belum punya LapTop Sendiri Sehingga TIDAK BISA belajar dan
             latihan secara Maxsimal di rumah
·           Koneksi Internet masih tersendat-sendat, belum lancar untuk 
             mencari bahan materiyang diperlukan
·           Uraian dari Instruktur yang kadang ga terdengar atau terlalu cepat
             kadang sulit di pahami.
·           Rasa ngatuk dan capai karena dari pagi dah kerja.


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
  Adapun yang perlu diingat ada 3 hal penting dalam menuju budaya mandiri :
1.        Motivasi
2.    Karakter
3.    Kebersamaan

Motivasi merupakan dorongan atau penggerak yang berada dalam diri seseorang, disni mahasiswa diberikan tugas untuk menemukan 5 makna penting dalam mengikuti perkuliahan serta memberi peniliannya dari 5 makna tersebut dapat saya tuliskan sebagai berikut :


a.   Agar bisa mengenal lebiah jauh dengan dunia
IT
Dengan latar pendidikan yg berbeda dengan dunia pekerjaan, saya harus lebih mendalami dan menekuni dibidang IT
b.    Banyak peluang untuk mendapatkan kerja dengan ITDengan perkembangan zaman, penggunaan tenaga ahli dibidang IT sangat diperlukan sehingga saya dapat memasuki dunia kerja dibidang IT
c.    Kurangnya lulusan ItT di temapt saya kerja.
Lulusan tenaga ahli dibidang IT dari Kalimantan masih kurang, sehingga tenaga kerja masih banyak yang diambil dari luar Kalimantan.
d.    Bisa membuat sebuah program komputer
Dengan mengikuti perkuliahan, harapan saya dapat membuat sebuah program komputer yang bernilai dan bermanfaat bagi banyak orang
e.    Memahami mengenai jaringan komputer
Dalam dunia kerja, kita tidak hanya dituntut untuk bisa menggunakan komputer, tapi juga jaringan komputer.

 Pada materi ini mahasiswa diberi tugas membuat kegiata generik sebelum mengikuti kuliah, adapaun kegiatan generik yang dimaksud adalah :

KEGIATAN GENERIK

 Kegiatan Generik sebelum mengikuti kuliah yang saya lakukan adalah sebagai berikut
JAM                      KEGIATAN
05.00 – 05.15    Bangun tidur, Sholat Subuh
05.15 – 06.00    Merapikan tempat tidur bersih bersih rumah
06.00 – 07.00    Mandi ,Sarapan Pagi Persiapan Berangkat Kerja
07.00 – 14.00    Bekerja di SMK Negeri 1 Tanjung Selor
14.00 – 15.00    Istirahat Siang
15.00 – 17.30    Bekerja Sampingan
17.30 – 18.00    Olah raga Futsal
18 .00 – 20.00   Mandi, sholat Magrib, Istirahat  + Sholat Isya
20.00 – 22.00    Ngumpul bareng teman teman.( silahturohmi )
22.00 – 05.00     Istirahat Malam ( Tidur )

Kegiatan generik setelah mengikuti perkuliahan adalah Sbb:
JAM                               KEGIATAN


05.00 – 05.15    Bangun tidur, Sholat Subuh
05.15 – 06.00    Merapikan tempat tidur bersih bersih rumah
06.00 – 07.00    Mandi ,Sarapan Pagi Persiapan Berangkat Kerja
07.00 – 14.00    Bekerja di SMK Negeri 1 Tanjung Selor   
14.00 - 15.00       Istirahat siang                         
15.00 – 17.30    Bekerja Sampingan
17.30 – 18.00    Olah raga Futsal
18 .00 – 20.00   Mandi, sholat Magrib, Istirahat  + Sholat Isya
20.00 -  21.00   On line di Tempat kerja, cari Informasi Terbaru
20.00 – 22.00    Ngumpul bareng teman teman.( silahturohmi )
22.00 – 05.00     Istirahat Malam ( Tidur )
 Materai Perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama perkuliahan :
  • Cara mengaskses atau mengetahui tugas - tugas yang ada dan cara menyelesaikan tugas tersebut dengan tepat.
  • CamStudio yang selama ini belum saya tahu mulai bisa menggunakanya.
  • Tutorial Blender yang selama diajarkan sudah mulai dimengerti meskipun belum sepenuhnya.



Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.

Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.

Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.





No comments:

Post a Comment