Saturday 16 February 2013

tahapan perkuliahan 1(a)


Laporan Aktivitas Belajar
 
Nama Lengkap
:
arhie syahbana
No. Registrasi
:
1108261303
Alamat email
:
arhie.syahbana@gmail.com
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Websate
Tahap Perkuliahan ke-
:
Perkuliahan ke-1 (a)
USBJJ
:
SMK N 1 TANJUNG SELOR
Aktivitas Belajar Mandiri  
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Pembukaan kuliah perdana pada tanggal 5 Januari 2013 dilakukan oleh Dr.Ir. Aciek Ida Wuryandari, penjelasan tentang program USBJJ serta motivasi untuk menyemangati mahasiswa dalam menjalankan perkuliahan, tanggal 7 januari 2013 merupakan materi dasar perkuliahan dan mengakses melalui http://elearning.lskk.ee.itb.ac.id, registrasi via email, serta mendownload dokumen atau materi yang diperlukan, materi yang diberikan adalah PEMBENTUKAN MOTIVASI DAN KARAKTER PESERTA PROGRAM D1
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Perkuliahan ke 2 dilakukan pada hari saptu tanggal 12 januari 2013, instruktur menjelaskan tentang akses dan menu-menu yang terdapat  pada  elearning dan pada perkuliahan pertama saya masih belum memehami sepenuhnya apa yang disampaikan instruktur saya. Pada tahap ini, instruktur juga memberikan dukungan atau motivasi  dan membatu kami untuk menyelesai kan tugas yg di berikan.

Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
•  tidak mempunyai laptop pribadi
•   kurangnya mengetahui tentang mengakses tugas dari elearning
     tidak terlalu mengerti tentang menggunakan blender.
Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
 Isi pokok materi pada tahapan ini mengenai pembentukan karakter yang penting untuk melatih diri untuk disiplin.
Ada 3 hal penting dalam mengubah diri  menuju budaya mandiri/disiplin diri :
1.    Motivasi
2.    Karakter
3.    Kebersamaan

Motivasi :
a.       Saya ingin menekuni bidang IT pada program D1,  saya karena saya mempunyai rasa ingin tahu tentang computer.dan ingin tahu lebih banyak pengoprasian komputer.dan meanngetahui tentang jaring dan wabsate
.
c.     Saya ingin mengerti tentang program-program computer dan cara penggunaannya. Serta dapat membuat sendiri program computer.karena saya malihat bahwa banyak sekali orang yang memiliki komputer namun tidak banyak memahami tentang komputer dan ini bisa menjadi peluang kerja.
d.  dengan komputer dan internet dapat menambah wawasan baru yang akan menambah ilmu saya
e.  saya ingin memiliki skil dibidang ini untuk menjadi bekal saya di dalam persaingan kerja
Karakter : pada intinya bertujuan membentuk kepribadian, dimana lingkupnya adalah : Olah Hati, Olah Pikir, Olah Rasa/Karsa. Olah Raga.
Pada materi ini mahasiswa diberi tugas membuat kegiatan generik sebelum mengikuti kuliah, adapaun kegiatan generik yang dimaksud adalah :
12.00 – 05.10              tidur malam dan bangun tidur
05.20 – 05.30              shalad
05.55 – 06.00              mandi
06.00 – 06.45              mengantar ibu keja
07.00 – 07.30             brangkat kerja
11.00 – 12.00             istirahat
12.00 – 14.00              makan/sholat
14.00 – 16.00              kerja   
16.00 – 17.00              pulang/sholat
17.00 – 18.00             olaraga
18.30 – 20.00              mandi dan shalat

Kegiatan generik setelah mengikuti perkuliahan adalah Sbb:
Kegitan pagi sampai sore masih tetap perubahannyapada sore sampai malam
19:00 – 23:00              nonton tv/belajar/ngerjakan tugas dan lw hari libur mencari aktifitas.
Kebersamaan : Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri.pasti membutuhkan teman untuk berkomunikasih dan bertukar fikiran bersama teman.
Adapun rencana atau jadwal belajar dalam mengikuti perkuliahan adalah dengan melihat materi serta tugas yang diberikan dari elearning, mencari referensi tugas yang diberikan, serta mempelajari dengan baik materi dan tugas yang diberikan, dan mendiskusikan dengan mahasiswa yang lainnya.

No comments:

Post a Comment