Saturday 16 February 2013

Laporan aktifitas belajar Tahap perkuliahan 1a



Tahap Perkuliahan Ke1a
Laporan Aktivitas Belajar

NamaLengkap
:
Muhammad Nur Rohim
No. Registrasi
:
1108261324
Alamat email
:
nurkarangagung74@gmail.com
Opsi
:
APL
TahapPerkuliahan
:
1a
USBJJ
:
SMKN 1 Tanjung Selor
 
 Aktivitas Belajar Mandiri


Di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Nama saya Muhammad Nur Rohim berikut ini uraian mengenai aktifitas belajar saya selama mengikuti pendidikan TKJ di SMKN 1 Tanjung selor. Aktifitas belajar saya mulai setelah ba’da Isya pada pukul 20:00 saya belajar sendiri dan mencari materi dielearning.lskk.ee.ac.id yang telah di tentukan dari institut teknologi bandung. Saya juga mencari dari internet dan bertanya pada teman (berdiskusi). Demikian uraian singkat aktifitas belajar saya atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Aktifitas Rutin ke 2, yaitu Kuliah Perdana Yang Dilakukan di USBJJ pada hari sabtu pukul 14:30- 17.45 ,saya berangkat dari rumah menuju sub kampus di SMKN 1 Tg. Selor pada Pukul 14.15 .aktifitas belajar di lakukan di Ruangan Lab. Komputer SMKN 1 Tanjung Selor, bersama mahasiswa lainnya untuk saling bertukar pengetahuan atau berbagi ilmu yang telah dimiliki teman-teman lainnya agar bisa saling membantu dan berbagi pengetahuan.
Di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
-          Jaringan internet yang susah di sub kampus 
-          Saya belum mempunyai neetbook ataupun notebook sendiri,jadi tidak bisa sewaktu-waktu mempelajari file tugas yang diberikan pada elearning.
-          Masih kurangnya pemahaman dalam menggunakan internet,


Rangkuman Materi Perkuliahan

Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Berikut akan saya uraiakan secara garis besar  rangkuman materi pada tahapan perkuliahan 1a ini :
3 hal penting dalam transformasi menuju budaya mandiri :
1.    Motivasi
2.    Karakter
3.    Kebersamaan
Motivasi merupakan dorongan atau penggerak yang berada dalam diri seseorang, disni mahasiswa diberikan tugas untuk menemukan 5 makna penting dalam mengikuti perkuliahan serta memberi peniliannya dari 5 makna tersebut dapat saya tuliskan sebagai berikut :
1.      Ingin mendalami ilmu komputer,
Karena saya Bukan alumni Sekolah menengah kejuruan,jadi masih sangat sedikit pengetahuan saya yang ada hubungannya dengan ilmu komputer.
2.      Ingin mengenal jaringan komputer
Saya ingin mengenal jaringan komputer, agar saya dapat membuat ataupun pengguna jaringan komputer itu sendiri.
3.      Ingin Bisa membuat suatu program komputer
Harapan saya disini agar bisa membuat suatu program komputer yang bermanfaat bagi diri saya sendiri maupun bagi orang lain
4.      Ingin menjadi lulusan  ITB
Karena Masih Sedikitnya di daerah saya yang Lulusan dari ITB, 
5.      ingin jadi orang sukses dibidang jurusan ini (Teknik Jaringan Komputer)
harapan saya setelah saya mempelajari materi-materi pada perkuliahan ini saya dapat menerapkannya dalam kehidupan saya sehari-hari, khususnya di bidang pekerjaan.
Karakter pada intinya bertujuan membentuk kepribadian, dimana lingkupnya adalah : Olah Hati, Olah Pikir, Olah Rasa/Karsa, Olah Raga. Pada materi ini mahasiswa diberi tugas membuat jadwal kegiatan harian sebelum mengikuti kuliah dan membuat rencana kegiatan harian setelah mengikuti kuliah. adapaun kegiatan generik yang dimaksud adalah :
Jadwal Generik Harian Sebelum Mengikuti Perkuliahan:
06.30 – 07.00              Bangun tidur,mandi
07.00 – 08.00              Sarapan,Persiapan kerja,
08.00 – 12.00              bekerja
12.00 – 13.00              Istirahat, Makan Siang, ShalatDzuhur
13.00 – 17.00              bekerja
17.00 – 18.00              Istirahat,
18.00 – 20.00              Mandi, ShalatMaghrib,Shalat isya”
20.00 – 21.00              MaenKetempat Teman/jalan-jalan
21.00 – 23.30              Nonton TV
23.30 – 06.30              istirahat  

Rencana Jadwal Generik Harian Setelah Mengikuti Perkuliahan:
04.30 – 06.00              bangun tidur, Persiapan Sahalat subuh, belajar
06.00 – 07.00              mandi pagi,sarapan
07.00 – 07.30              pesiapan kerja
07.30 – 12.00              Bekerja,
12.00 – 13.00              istirahat, makan siang, shalatdzhuhur
13.00 – 16.30              kerja (Catatan: Jika Turun Kuliah, Aktifitas Kerjanya Off)
16.30 – 18.00              istirahat,bersih-bersih, sahalatashar,
18.00 – 20.00              Persiapan shalatmaghrib, shalat isya”
20.00 – 20.15             makan malam,
20.15 – 23.30              Belajar,kerjakan tugas,/ kumpul sama teman
23.30 – 04.30              istirahat
19.15 – 22.00              makan/sholat/nonton tv
Kebersamaan dalam hal ini adalah belajar bersama – sama, namun hasil tidak perlu sama dalam mengerjakan tugas.
Adapun rancangan belajar dalam mengikuti perkuliahan adalah dengan melihat materi serta tugas yang diberikan dari elearning, mencari referensi tugas yang diberikan, serta mempelajari dengan baik materi dan tugas yang diberikan, dan mendiskusikan dengan mahasiswa yang lainnya.

Video Dokumentasi












No comments:

Post a Comment