Thursday 7 February 2013

Tahap perkuliahan 1 (c)


Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Rubiah
No. Registrasi
:
1108261336
Alamat email
:
rubiahrubi273@gmail.com
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
Perkuliahan ke 1(c)
USBJJ
:
SMK Negeri 1 Tanjung Selor

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.

Perkuliahan 1(a) : Pembukaan kuliah perdana pada tanggal 5 Januari 2013, yang di bimbing langsung oleh Dr.Ir. Aciek Ida Wuryandari, penjelasan tentang program USBJJ serta motivasi sebagai penyemangat mahasiswa dalam menjalankan perkuliahan.


Perkuliahan 1(b) : Perkuliahan perdana di mulai pada tanggal 5 januari 2013. Aktivitas belajar rutin yang saya jalani yang pertama adalah saya melihat materi perkuliahan yang telah diberikan, kemudian saya mencoba dari beberapa materi dengan cara mencari inormasi melalui internet serta bertanya kepada guru instuktur juga kepada teman-teman.

Perkuliahan 1(c) : Dalam tahap perkuliahan ini dimulai pada tanggal 29 Januari 2013, Pada tahap perkuliahan ini Mahasiswa di beri tugas berupa membuat portofolio dari tugas 1(a) sampai dengan tugas 1(c).

Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.

Perkuliahan 1(a) : Perkuliahan dilakukan pada hari sabtu tanggal 5  januari 2013, saya mengamati Penjelasan yang diberikn oleh Dr. Ir. Aciek Ida Wuryandari, seperti membahas jadwal perkuliahan, Juga tentang Gambaran Kampus Dari ITB itu sendiri yang akan lebih memotivasi mahasiswa terus semangat untuk kuliah.

Perkuliahan 1(b) : Perkuliahan di USBJJ saya belajar tentang cara menggunakan camstudio juga membahas tentang tugas b1 untuk membuat video dokumentasi. Alhamdulillah setelah saya bisa menggunakan camptudio saya Membantu teman-teman yang belum mengerti menginstal dan menggunakan camstudio ini.

Perkuliahan 1(c) : Pada perkuliahan 1(c) ini saya membuat portofolio berupa data yang saya gabung dari 1(a) dan 1(c)



Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
·         Akses ke internet kurang memadai
·         Akses internet yang lambat



Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.

Materi pada perkuliahan 1(a) antara lain :

Sikap dan perilaku yang mandiri, tidak selalu bergantung pada orang lain dalam hidup keseharian, teruma dalam mencari ilmu. Ada tiga hal penting dalam mengubah diri.

1.    Motivasi
2.    Karakter
3.    Kebersamaan

Materi pada perkuliahan 1(b) antara lain :

  1. Pengenalan software camstudio
  2. Cara setting standar camstudio
  3. Cara pembuatan video tutorial 
  4. Menjelaskan mengenai infrastruktur jaringan pada suatu kantor/sekolah
  5. Menjelaskan mengenai fitur – fitur yang terdapat pada komputer/laptop
  6. Menjelasakan fitur – fitur satu gadget (smartphone) 

Dari  semua materi  yang  saya pelajari alhamdulillah  saya dapat menggunakan  camstudio  dan  dapat  menyelesaikan  tugas  pertama  ini  walaupun  ada beberapa  kendala.

Materi pada perkuliahan 1(b) antara lain :

·         Mahasiswa di beri tugas untuk membuat portofolio dari tugas 1(a) – 1(c)




Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Video Dokumentasi Tugas 1(b)
 Penjelasan Mengenai tutorial sebuah jaringan sederhana
   Pembahasan mengenai komputer
 Penjelasan cara penggunaan ipad 2
 
Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.

-Tugas  perkuliahan ke -1 b (1) [pembahasan mengenai tutorial sebuah jaringan sederhana]
Dalam video saya yang berdurasi 07:10 menit ini, saya membahas temtang tutorial dari sebuah jaringan sederhana yang berada di sekolah saat saya masi duduk di bangku SMK. Disini saya memperkenalkan peralatan yang digunakan untuk membuat jaringan tersebut dan saya juga menjelaskan cara pengkabelan Crossover, serta saya membuat sketsa atau rancangan dari jaringan ini dengan menggunakan topologi star.

-Tugas perkuliahan ke-1 b (2) [pembahsan mengenai komputer]
Didalam Video Ini saya menjelaskan Tiga elemen terpenting dari komputer, yaitu Hardware, Software, dan  Brainware. serta saya memaparkan gambar-gambar dari komponen komputer. Saya juga menjelaskan sedikit tentang peran-peran User (pengguna Komputer).

-Tugas  perkuliahan ke-1 b (3) [penjelasan cara penggunaan Ipad 2]
Di video Saya ini saya menjelaskan fitur-fitur dan cara penggunaan dari ipad apple tipe 2 ini juga keunggulan dari Built-in Apps.
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
Link Tugas video 1 (b)
  1.   http://youtu.be/ThNnM7mLUzg  : [pembahasan mengenai tutorial sebuah jaringan sederhana]
  2.   http://youtu.be/WE_adT83EG4 : [pembahsan mengenai komputer]
  3.  http://youtu.be/ZfZifYFws6E : [penjelasan cara penggunaan Ipad 2]


No comments:

Post a Comment