Thursday 7 February 2013

Materi Seamolec Blender Ganesha 1 (b)

Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Rubiah
No. Registrasi              
:
1108261336
Alamat email
:
rubiahrubi273@gmail.com
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
Ke – 1 b
USBJJ
:
SMK Negeri 1 Tanjung Selor


Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini. 

      Pada tahap perkuliahan ini mahasiswa diberikan tugas untuk membuat sebuah karakter animasi, seperti Spongebob Squarepans, Doraemon dan karakter animasi lainnya dengan menggunakan Aplikasi blender yang dapat di Download secara Gratis (free). Disini saya mencari materi dasar-dasar dari tools-tools atau tombol shortcut yang sering digunakan dalam pembuatan sebuah karakter. Saya juga melatih diri menggunakan Aplikasi blender ini dengan cara mengamati dan mempraktikkan video-video tutorial blender. 

Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
      Tanggal 19 Januari 2013, pada tahap perkuliahan ini instruktur menjelaskan lebih lanjut mengenai cara menggunakan program aplikasi blender ini. Karena kurangnya pengetahuan dan masih banyak mahasiswa yang bingung dibidang ini maka, pada tanggal 23 Januari diadakan lagi pertemuan tambahan mengenai materi blender.
     Tanggal 26 Januari 2013, kuliah rutin yang diadakan setiap hari sabtu ini membahas tentang tugas-tugas yang sebelumnya masih banyak mahasiswa belum menyelesaikannya, juga tambahan untuk materi seamolec blender.

Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
  •  Kurangnya pengetahuan tentang Aplikasi Blender.
  • Susahnya Mencari referensi Materi Seamolec Blender.
  • Kurangnya latihan untuk pengucapan lafal pada saat membuat video.
  • Pada saat meng-Upload video keyoutube dikarenkan koneksi jaringannya tidak stabil.
 Rangkuman Materi Perkuliahan

Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini

  Dari perkuliahan pada tahap 1 (b) ini, mahasiswa diajarkan mengenai:
  1.  Penggunaan aplikasi blender
  2. Tools-tools yang ada pada program blender
  3. Penggunaan shortcut untuk memudahkan dalam penggunaan aplikasi
  4. Membuat sebuah objek (karakter), yang dapat kita pelajari dari video yang telah disiapkan.
      Dari Materi Seamolec blender yang telah diberikan dan saya pelajari saya sudah dapat membuat sebuah karakter sederhana, dan juga menambah wawasan saya mengenai animasi-animasi yang sudah menjadi cerita atau bahkan animasi Game bisa dibuat menggunakan Aplikasi Blender ini..
 
 Video Dokumentasi
membuat modeling karakter robot sederhana sekmen 1

     Di dalam video ini saya menjelaskan beberapa tools yang sering kita gunakan dalam membuat sebuah karakter, serta saya juga meakai tombol shortcut untuk mempermudah atau lebih efesien dalam pembuatannya.

  Disini saya membuat sebuah karakter robot sederhana dan tidak terlalu detail dengan imajinasi saya sendiri dan yang saya beri nama robot R-bob. Saya juga memberi penjelasan cara pembuatan robot R-bob ini dari tahap-ketahap.

 membuat modeling karakter robot sederhana sekmen 2

 

membuat modeling karakter robot sederhana sekmen 3
 

 membuat modeling karakter robot sederhana sekmen 4


membuat modeling karakter robot sederhana sekmen 5


No comments:

Post a Comment